Terkait Pembangunan Jalan Hotmix Desa Mojojejer, Ahli Teknik Bangunan Di Jombang Angkat Bicara

Jombang – www.koranpatrolixp.com

Terkait dugaan atas longgarnya total nilai yang dialokasikan pada pembangunan jalan hotmix desa Mojojejer RT.003 / RW.003 kecamatan Mojowarno kabupaten Jombang Jawa timur, membuat Ahli Teknik Bangunan angkat bicara dan singgung terkait pekerjaan tersebut.

Dirinya menjelaskan, perihal analisa harga satuan aspal hotmix AC-WC yang dipergunakan pada pembangunan jalan itu, serta metode pelaksanaan penghamparan aspal hotmix, saat dimintai keterangan teknis oleh media koranpatrolixp.com diruang kerjanya. Senin (2/1/2023).

“HSPK itu sebagai acuan untuk membuat estimasi dalam membuat harga dalam RAB, jika ada harga satuan yang dalam survey lapangan mengalami kenaikan harga, itu boleh saja, asalkan tidak terlalu tinggi dari harga satuan yang ditetapkan Pemerintah Daerah” tutur Ahli Teknik Bangunan.

Dari analisa harga satuan dalam HSPK, tandasnya, sudah diketahui, untuk harga aspal jenis AC-WC 1.095.000 per ton, sedangkan untuk lapis resap pengikat emulsi (Prime Coat) harga per liternya 12.000, lalu untuk harga satuan Laston lapis Aus (AC-WC) penghamparan 1.281.690,70.

Masih dari penjelasannya, itu artinya harga satuan aspal hotmix jenis AC-WC sudah diketahui untuk harga per tonasenya, dan harga tersebut sudah masuk biaya penghamparan dan alat berat seperti Finisher, Tandem Roller maupun Three Weel Roller (TR), alat sprayer dan tenaga penghampar.

Sedangkan untuk biaya umum dan mob demobilisasi, lebih lanjut penjelasannya, “Harga satuannya muncul tersendiri, dan harga tersebut tidak boleh melebihi 10 persen dari total nilai yang dianggarkan” imbuhnya.

“Didalam volume pekerjaan tersebut, (pembangunan jalan hotmix desa Mojojejer – red), membutuhkan jumlah total tonase aspal sebanyak 55,90 ton. Berapa analisa harga satuan aspal yang dibuat oleh pihak perencana?. Hal itu patut dipertanyakan” katanya.

Menurutnya, total nilai yang dialokasikan sebesar 100 juta rupiah, sambung penjelasan teknik bangunan, dan volume yang diketahui yaitu luasan 555 m2 dengan rincian ukuran 185m x 3.00m, total harga itu sangat longgar sekali. Padahal item pekerjaan hanya full pengaspalan, tidak ada item lain.

Ia menambahkan, “Sudah diketahui volume aspal yang dibutuhkan pada pekerjaan itu, sudah diketahui harga satuan aspal, dan sudah diketahui juga biaya umum maupun mob demobilisasi, tetapi bisa menelan biaya sampai 100 juta, Hal itu harus ditindaklanjuti dan dikoreksi lagi pada perencanaan maupun pelaksanaan, biar seimbang” pungkasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses