Kasun Nglerep Desa Kwaron : Pemasangan PJU Murni Partisipasi Dari Kaplingan Dan Kas Tanah Pancen Tahun 2017 Sampai 2021.

Jombang – www.koranpatrolixp.com

Atas dugaan bahwa sumber dana yang dibuat untuk memasang PJU (Penerangan Jalan Umum) Dusun Nglerep Desa Kwaron Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Jawa Timur tersebut, ialah murni tidak memanfaatkan anggaran pemerintah.

Dan pekerjaan itu bersumber dari anggaran donatur pemilik kaplingan yang berada didaerah tersebut, H. Sholeh dan Kasun Nglerep Joko Sampurno, pada ruas titik PJU yang berada dijalan poros Dusun Nglerep dengan Desa Keras Diwek yang berjumlah sekitar 13 titik PJU beserta aksesorisnya.

Kepala Dusun (Kasun) Nglerep Desa Kwaron, Joko Sampurno memberikan penjelasan kepada media untuk keseimbangan keterangan, dan dirinya memaparkan. Rabu (9/11/2022).

“Pada ruas jalan poros Dusun Nglerep mengarah ke makam dusun, pemasangan PJU itu bersumber dari donatur pemilik tanah Kapling, sejumlah kurang lebih 13 titik beserta kelengkapannya, serta ada dua box panel maupun meteran” tutur Kasun kepada koranpatrolixp.com

Dirinya menyebut, pihak pengembang berkoordinasi dengan saya (Kasun) berinisiatif memasang PJU itu, bertujuan untuk menerangi jalan poros itu, supaya terang dan mengurangi rawan kecelakaan diakibatkan jalan ruas itu banyak lubang.

“Pemasangan PJU diruas Jalan poros menelan biaya sebesar Rp. 15.500.000 dengan fasilitas tiang PJU, kabel twisted, lampu serta box panel dan meteran listrik” ujarnya.

Sedangkan pada PJU yang berada di lingkungan dalam dusun nglerep sendiri, tambahnya, itu bersumber dari hasil pancen (tanah ganjaran) dari hasil sejak tahun 2017 sampai tahun 2021.

“Pihak Panitia tanah pancen yang diketuai oleh Pujiono, mempunyai keinginan untuk merealisasikan penerangan jalan lingkungan, setelah berkumpulnya uang hasil tanah pancen itu, dilaksanakan pemasangan PJU” imbuhnya.

Masih dari penjelasan Kasun, apabila dipasang hanya ruas jalan poros saja diberi penerangan jalan, otomatis gang lingkungan harus dioptimalkan pemasangannya. Dan terpenting biar warga atau masyarakat tahu, bahwa anggaran untuk pemasangan PJU lingkungan hasil dari tanah pancen.

Dan saat ini, masih proses pemasangan tiang PJU yang berada di gang lingkungan, belum selesai dilaksanakan, jadi total berapa tiang yang dikerjakan, saya belum berani memastikan jumlahnya, serta menghabiskan biaya berapa, kita juga belum berani menyebut.

“Jadi pemasangan PJU baik dijalan poros maupun jalan lingkungan dusun nglerep, tidak berhubungan dengan uang desa maupun uang pemerintah, semua dibiayai dari donatur dan dari hasil kesepakatan panitia tanah pancen” Kasun memungkasi. (hdk).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses