Jiwa Sosial Tinggi. Warga Plumbon Gambang Gudo Urug Jalan Berlubang Hindari Kecelakaan

Jombang – www.koranpatrolixp.com

Berjiwa sosial sangat tinggi. Beberapa warga desa Plumbon Gambang kecamatan Gudo kabupaten Jombang Jawa timur, menambal jalan berlubang pada ruas Kasemen – tanggungan dengan Sirtu (pasir batu) untuk menghindari kecelakaan para pengguna jalan, khususnya roda dua.

Tepat berada ditikungan jalan yang berada di depan makam desa tersebut, banyak beberapa titik lubang menganga hingga berdiameter 80 cm dengan kedalaman sampai 30 cm, dan saat ini sedang ditambal / diurug oleh warga secara sukarela (tidak mengharap imbalan maupun pujian), memakai material seadanya. Rabu (22/2/2023).

“Banyaknya lubang menganga yang begitu dalam, saya berinisiatif untuk mengurug lubang jalan itu, supaya para pengguna jalan bisa nyaman saat melintasi ruas jalan yang menghubungkan kabupaten Jombang dengan kabupaten Kediri ini.” tutur salah satu warga yaitu Ramijo kepada koranpatrolixp.com, saat ditemui sedang menguruk jalan tersebut.

Sebab diruas jalan ini, sambung penuturan Ramijo, sering terjadi kecelakaan hingga menyebabkan kematian, tandasnya, untuk itu saya bersama warga lainnya secara sukarela menambal jalan yang berlubang. Apalagi pada saat malam hari, lubang tersebut tidak terlihat dan membahayakan bagi pengguna jalan khususnya roda dua.

“Bagi pengguna jalan khususnya roda dua, pada waktu malam hari harus extra hati – hati melintasi ruas jalan ini, dikarenakan posisi jalan menikung dan lubang aspal jalan sangat dalam sekali. Bahkan pada saat kondisi hujan, lubang jalan tersebut tidak kelihatan karena digenangi air hujan.” ujarnya.

Sementara itu, dari penuturan warga lainnya sebut saja Tomo juga menambahkan. Kondisi jalan ini memang begitu membahayakan bagi pengguna jalan, meskipun kami tambal sebisanya, minimal untuk mengurangi volume kecelakaan tepat didepan makam desa ini.

“Seringkali kami temui, pemotor yang melewati jalan ini jatuh dikarenakan roda kendaraan yang dinaiki masuk kedalam lubang jalan, sehingga pemotor tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya dan terjatuh. Kemarin saja ada pemotor yang jatuh, untung cuma luka ringan.” jelasnya.

Kebetulan, didekat ruas jalan berlubang ini, imbuhnya, ada material berupa sirtu milik usaha cor buis beton, kami manfaatkan untuk menambal lubang, agar lubang jalan tidak menjadikan penyebab kecelakaan. Dan kami ketahui saat ini pihak Dinas terkait sedang menambal aspal yang berlubang pada ruas jalan ini, tetapi posisi menambal jalan masih berada di dusun gempolan.

“Alhamdulillah, dan lillahita Allah tanpa mengharap imbalan maupun pujian, kami warga desa Plumbon Gambang tetap peduli sesama, biarpun kami tambal seadanya, namun bisa membuat orang lain bisa nyaman saat melewati jalan poros kabupaten Jombang ini. pungkasnya. (wdynti/hdk).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses