Pemdes Ngogri Megaluh, Sukses Laksanakan Program Jombang Berkadang Tahun 2022 Berikut Rincinya.

 

Jombang, www.koranpatrolixp.com

Alhamdulillah, Pemerintah Desa (Pemdes) Ngogri Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang Jawa Timur, ditahun 2022 kemarin, sukses melaksanakan Program dari Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) yaitu program Jombang Berkadang (Berkarakter dan Berdaya Saing). Dan masing – masing item bantuan tersebut sudah dilaksanakan sesuai daftar penerima bantuan untuk desa ngogri sendiri.

Dimana Program tersebut dialokasikan anggaran sebesar 200 juta rupiah, adapun jumlah total anggaran tersebut, sesuai dengan Keputusan Bupati Jombang nomor : 188.4.45/77/415.10.3/2022 tentang daftar penerima dan besaran bantuan keuangan khusus program Jombang berkarakter dan berdaya saing kepada desa di kabupaten Jombang tahun anggaran 2022, ditetapkan di Jombang pada tanggal 11 Februari, yang ditanda tangani oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Adapun daftar penerima bantuan Jombang Berkadang tersebut, Desa Ngogri mengajukan program itu diantaranya, bantuan pupuk bokasi, fasilitasi bersih desa / tasyakuran, fasilitasi pencegahan dan penanganan tuberkulosis, pembangunan MCK individual, gerakan massal pengendalian OPT tikus, pembangunan / rehabilitasi JITUT, pembangunan / rehabilitasi tempat ibadah dan prasarana pendukungnya, pencegahan dan penanganan gizi buruk dan stunting, pengadaan infrastruktur SPBE dalam rangka mendukung digitalisasi layanan tingkat desa, pengadaan sarana prasarana Posbindu, dan penghijauan lingkungan.

Sedangkan untuk program MCK individual yang dianggarkan 5 juta rupiah per unit, di desa ngogri merealisasikan 7 (tujuh) Keluarga Penerima Manfaat terbagi dusun ngogri dan dusun pulodadi yaitu Misa, Nia, Samian, Faisol Amir, Bari, serta beberapa KPM dusun Pulodadi.

Faisol Amir, salah satu warga dusun ngogri yang menerima manfaat MCK Individual kepada media koranpatrolixp.com mengatakan, program MCK desa ngogri yang dilaksanakan tahun 2022 saya mendapatkan bantuan tersebut, dan sudah dilaksanakan sesuai dengan gambar yang ada. “Alhamdulillah dengan adanya program pembangunan MCK individual, saat ini keluarga sama bisa memanfaatkan bangunan tersebut.” tutur Faisol, saat ditemui dirumahnya. Senin (21/2/2023).

Sedangkan untuk bantuan itu, sambung penuturan Faisol, terdiri dari fasilitas klosed, instalasi, septiktank maupun kelengkapan lainnya, dirinya juga berterima kasih kepada Pemdes Ngogri, setelah merealisasikan KPM yang benar – benar butuh bangunan tersebut. “Saya ucapkan rasa terima kasih telah merealisasikan MCK buat saya, dan sekarang untuk mandi, cuci, kakus sudah sangat terjamin.” tandasnya.

Dari penuturan Ketua TPK Johan Harianto menambahkan. “Semua KPM yang mendapatkan bantuan mck tersebut, sudah kami laksanakan sesuai juknis maupun RAB yang dibuat, selain itu semua pelaksanaan pihak pelaksana sudah transparan kepada keluarga penerima manfaat. Pihak desa juga sudah melakukan sosialisasi sebelum mck dilaksanakan.

“Semua keluarga penerima manfaat sudah pernah diberikan sosialisasi oleh desa, apa saja yang direalisasikan untuk program Berkadang pada item MCK individual, dan semua penerima manfaat sudah jelas apa saja yang dikerjakan oleh pihak pelaksana.” terang ketua TPK. Senin (21/2/2023).

Lebih lanjut Johan, sedangkan untuk keluarga penerima manfaat (KPM) untuk mck individual, ada 7 warga, “dari dusun ngogri dan dusun pulodadi, per unit dianggarkan biaya sebesar 5 juta rupiah.” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Ngogri Agus Lis Hartitik mengapresiasi kinerja TPK yang ditunjuk, untuk membantu merealisasikan Jombang Berkadang tahun anggaran 2022, selain MCK individual, ada juga infrastruktur fisik untuk pembangunan / rehabilitasi tempat ibadah dan sarana prasarana lainnya.

“Untuk kinerja TPK yang saya tunjuk, saya sangat terbantukan, dan ketua TPK Johan bisa mempertanggung jawabkan apa yang harus dilakukan untuk bisa melaksanakan program Jombang Berkadang diantaranya mck individual 7 KPM dan rehabilitasi tempat ibadah.” kata Kades, saat ditemui dikantor desa ngogri. Senin (21/2/2023).

Masih kata Kades, “Untuk itu, kami melaksanakan program Jombang Berkadang itu secara transparan kepada masing – masing penerima manfaat, dan Alhamdulillah semua penerima sudah sangat puas hasil bangunan yang direalisasikan pemdes Ngogri lewat program Jombang Berkadang. (hdk/wdynti).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses