Sejumlah big Bos Lancarkan Jurus Tambang Emas Ilegal Manokwari Papua Barat

Manokwari – www.koranpatroli.com

Big Bos Penambang Emas Ilegal rebutan masuk area tambang di kebar selatan Manokwari Papua barat, dengan menggerakan para tenaga kerja dan mendatangkan puluhan alat berat.

Disinyalir beberapa nama Big Bos yang dikenal, mr.Lie, mr.Budi, bunda Ros, hj Nana, Novi, Didi, hj bolong. Nama-nama Big Bos ini telah dikantongi media ini melalui sumber terpercaya di lokasi tambang emas ilegal Manokwari Provinsi Papua Barat. Bahkan puluhan alat berat berat berjejer memasuki hutan tambang emas, belum disentuh aparat keamanan Polda Papua Barat.

Ketua Dewan Adat Papua DAP Wilayah III Doberay 
Mananwir Paul Finsen Mayor angkat bicara dalam keterangan pers via telpon Senin 20 Februari 2023
dengan tegas menyatakan aktivitas tambang ilegal di Kabupaten Manokwari terkesan ada pembiaran dari pihak penegak hukum di Provinsi Papua Barat

Demikian dikatakan Mananwir Paul Finsen kepada media ini. Menurutnya, sudah diumumkan lewat media massa maupun larangan tertulis dari pemerintah, bahwa aktivitas tambang ilegal di kabupaten Manokwari dan sekitarnya harus dihentikan, ternyata masih beroperasi bahkan semakin marak puluhan eksavator sedang beroperasi di wilayah tambang bahkan telah merambah hutan Kebar Selatan.

Namun saat ini pemerintah tetap berdiri pada posisinya, pihak adat juga berdiri pada posisinya, tetapi saat ini ternyata ada oknum yang bermain di dalamnya, ada yang mengakui sebagai tokoh adat dan ada juga yang mengaku sebagai investor, ternyata ujung ujungnya masyarakat yang dikorbankan,”ucap Finsen

Ketua Dewan Adat Papua DAP Wilayah III Doberay 
Mananwir menjelaskan setelah ditelusuri ternyata semua pihak yang terlibat di dalam aktivitas tambang di kabupaten Manokwari tidak jelas bahkan mereka semua tidak memiliki surat ijin.

“Sebagai ketua DAP Wilayah III Doberay, saya minta dengan tegas kepada  pihak penegak hukum dalam hal ini  Kapolda Papua Barat harus tindak  tegas para pelaku bos tambang ilegal,” pintahnya.

Finsen juga mempertanyakan komitmen Kapolda Papua Barat untuk memberantas pelaku pekerja tambang ilegal, ini sudah hampir dua tahun tetapi belum juga ada ketegasan dari pihak Polda, diduga sepertinya ada yang bermain dengan oknum oknum tertentu,”tegas Finsen.

Dua big bos Mr.Lie dan mr. Budi dengan beberapa big bos lainnya, disinyalir membawa  Puluhan alat berat mulai beroperasi di lokasi tambang emas ilegal provinsi Papua Barat Manokwari wilayah Kebar, belum disentuh Polda Papua Barat.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo pernah mendapat desakan dari kalangan parlemen agar segera mengambil langkah tegas memberantas beking dan mafia tambang illegal di Indonesia. Peryataan Kapolri dilansir media ini dari Asiatoday.Id.

Menurut data Asiatday.Id Anggota Komisi VII DPR RI, Sartono Hutomo bahkan meminta Kapolri menindak oknum pejabat Polri yang diduga menjadi beking penambangan ilegal yang belakangan ini ramai diberitakan.

“Saya memandang bahwa pelanggaran hukum merupakan ranah hukum yang harus ditegakkan. Negara ini menjunjung tinggi rule of law. Apabila memang terjadi pelanggaran, Polri sebagai lembaga penegak hukum harus memproses pelanggaran tersebut bukan untuk mempermudah,” tegas Sartono kepada awak media pada Desember 2022 lalu (Asiatoday.Id Jakarta)

Menurut Sartono, praktik tambang ilegal di Indonesia sangat merugikan keuangan negara termasuk dampak ekologi akibat kerusakan lingkungan sehingga dengan adanya oknum kepolisian yang membekingi aktivitas penambangan illegal, hal itu jelas tidak sesuai dengan marwah Polri dan malah akan memperburuk citra Korps Bhayangkara.

“Seharusnya Kepolisian itu menertibkan adanya penambangan ilegal, bukan malah membekingi. Jika hal ini benar terjadi sungguh miris sekali karena mafia tambang malah dilindungi oleh para penegak hukum,” ungkap Politisi Fraksi Partai Demokrat ini.

Lebih lanjut, Sartono juga mendesak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk lebih agresif dalam melakukan pengawasan pertambangan ilegal, dengan menerapkan good mining practice yang jadi tupoksi dari inspektur tambang. “Itu agar pertambangan yang ada di Indonesia lebih sehat dan bebas dari aktivitas ilegal,” tandasnya. ( Riki Dowansiba )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses