Empat Paket Infrastruktur Di Desa Balonggemek Jombang, Banyak Menuai Sorotan Ini Lengkapnya

Jombang – www.koranpatrolixp.com

Empat paket Infrastruktur fisik bangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Balonggemek Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang Jawa Timur, banyak menuai pertanyaan terkait pengerjaannya dan diduga setiap titik bangunan ada kejanggalan yang patut dipertanyakan.

Pasalnya, disetiap titik bangunan yang dilaksanakan oleh TPK Desa, baik itu fisik yang sudah selesai dikerjakan maupun masih tahap pelaksanaan, ada beberapa kejanggalan yang dirasa tidak sesuai bestek yang direncanakan. Rabu (14/12/2022).

Pada paket pekerjaan pembangunan duiker dusun balongsuruh, diketahui bahwa balok tumpuan untuk plat beton memakai material besi polos dengan diameter 8 mm dengan jumlah tulangan 6 buah, hal tersebut layak dipertanyakan bestek yang direncanakan dengan realisasi pelaksanaan.

Untuk paket yang masih tahap pelaksanaan, pembangunan JITUT yang berada di RT.01 / RW.02 dusun balongsuruh, juga disinyalir bangunannya lepas dari gambar perencanaan, dalam pantauan media dilokasi pekerjaan, telah nampak bahwa plesteran untuk ban banan jaringan irigasi tersebut hanya sebatas dalam saja, dan sisi luar tanpa ada pekerjaan ban banan.

Dititik pekerjaan pembangunan tembok penahan jalan (TPJ) yang berada di RT.03 / RW.01 dusun Balonggemek yang bersumber dana dari BKK tahun 2022, juga ada kejanggalan yang nampak dan patut disorot, perihal itu diketahui pada bangunan TPJ sudah ada yang menggantung untuk pondasi dasarnya, perihal itu juga disinyalir untuk kedalaman pondasi TPJ sangat dangkal.

Paket pekerjaan TPJ yang dibiayai dari Dana Desa (DD) tahun 2022 beberapa minggu sudah selesai dikerjakan, juga menuai sorotan untuk finishing pekerjaannya, diketahui pada item benangan ban banan atas penampang TPJ, terkesan asal jadi dan diduga tidak memperhatikan estetika pekerjaan. Dan acian juga terlihat sebatas dilapis saja.

Dari keempat paket pekerjaan fisik tersebut, media koranpatroli mencoba mengkonfirmasi kepada Ketua TPK desa Balonggemek Dwi, saat ditemui pada ruas bangunan duiker yang berada di RT.01 / RW.02 dusun balongsuruh, dan dirinya mengungkapkan. Rabu (14/12/2022).

“Saat ini pekerjaan yang masih dalam proses pengerjaan, yaitu pembangunan duiker dan Jitut yang berada di dusun balongsuruh” ucap ketua TPK Dwi saat dimintai keterangan perihal bangunan yang masih dalam tahap pelaksanaan.

Saat ditanya, apakah pembesian untuk balok beton tumpuan di pekerjaan pembangunan duiker, berjumlah 6 buah dan memakai ukuran besi 8 mm, “Iya mas, memang digambar seperti itu, tetapi kita tidak bawa gambar perencanaannya” ujarnya.

Disinggung untuk item pekerjaan finishing plesteran penampang atas jaringan irigasi tersebut, ketua TPK mengutarakan, “Ya memang belum selesai mas, dikarenakan sawah sebelah bangunan belum panen dan juga kita belum mengurugnya” tandasnya.

Diketahui pada keterangan yang terpasang di masing masing titik pekerjaan, empat pekerjaan tersebut bersumber dana dari P-DD dua paket, DD satu paket dan BKK satu paket, dengan total keseluruhan mencapai Rp.311.330.000, dikerjakan oleh TPK Desa Balonggemek, tahun anggaran 2022. (hdk/wdyti).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.