Kabupaten Minahasa Gelar Upacara Taptu dan Pawai Obor Sambut HUT Ke-79 RI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Minahasa www.koranpatrolixp.com
Dalam rangka menyambut HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Kabupaten Minahasa mengadakan Upacara Taptu dan Pawai Obor pada Jumat, 16 Agustus 2024. Acara ini dimulai pukul 17.20 WITA di halaman Rumah Dinas Bupati Minahasa, Kelurahan Sasaran, Kecamatan Tondano Utara, dan dihadiri oleh berbagai pejabat daerah serta masyarakat.

 

Penjabat Bupati Minahasa, DR. Jemmy Stanny Kumendong, M.Si, memimpin kegiatan tersebut, didampingi oleh Kapolres Minahasa, AKBP S. Sophian, S.I.K., M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa, Benny Hermanto, S.H., M.H., Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Dr. Lynda Deisye Watania, M.M., M.Si, serta Wakapolres Minahasa, Kompol Sumaji, S.Sos. Turut hadir Ketua MUI Kabupaten Minahasa, Habib Husein Afagaf, beserta para asisten dan pimpinan OPD jajaran Setda Kabupaten Minahasa.

 

Upacara berlangsung dengan khidmat, dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa, Benny Hermanto, S.H., M.H., selaku Inspektur Upacara. Kabag Ren Polres Minahasa, AKP Robby Wongkar, bertindak sebagai Perwira Upacara, sementara Wakapolsek Kakas, IPDA Jefferson Paat, S.Pi, berperan sebagai Komandan Upacara. Peserta upacara terdiri dari berbagai elemen, termasuk anggota TNI, Polri, Satpol PP, serta perwakilan siswa dari sekolah-sekolah di Kota Tondano.

 

Rangkaian upacara diawali dengan laporan dari Perwira Upacara kepada Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan penghormatan dan pemasangan obor secara simbolis oleh Inspektur Upacara. Ketua MUI Kabupaten Minahasa, Habib Husein Afagaf, kemudian memimpin doa, menambah kesakralan acara ini.

 

Setelah upacara selesai, rombongan Pawai Obor dilepas secara resmi oleh Penjabat Bupati Minahasa, DR. Jemmy Stanny Kumendong, M.Si, didampingi oleh FORKOPIMDA Kabupaten Minahasa. Pawai Obor ini menempuh rute dari halaman Rumah Jabatan Bupati Minahasa, melewati Mako Polres Minahasa, dan berakhir di Plaza Tondano. Masyarakat turut serta menyemarakkan peringatan ini dengan antusias, memenuhi sepanjang rute yang dilalui pawai.

 

Kegiatan ini tidak hanya merupakan bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan, tetapi juga berfungsi sebagai sarana mempererat persatuan dan kesatuan di Kabupaten Minahasa.

( Meybi J.N )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.