Ribka Haluk Tanamkan Toleransi Antar Umat Beragama di Provinsi Papua Tengah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nabire Papua Tengah_www.koranpatrolixp.com

Pj. Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM, melakukan pertemuan historis dengan berbagai lembaga spiritual dan keagamaan di wilayah Provinsi Papua Tengah. Pertemuan tersebut bertujuan untuk membangun fondasi yang kuat dalam upaya memajukan Provinsi Papua Tengah dengan semangat anti-kekerasan dan tingginya toleransi antar umat beragama, Sabtu (7/10/2023).

Dalam pernyataannya, Pj. Gubernur Ribka Haluk menyatakan harapannya agar Provinsi Papua Tengah segera mengejar ketertinggalan dalam berbagai aspek pembangunan, termasuk infrastruktur, pelayanan kesehatan, sumber daya manusia, dan peningkatan pendapatan masyarakat. Namun, ia menekankan pentingnya memulai proses pembangunan dengan memperkuat dimensi kerohanian dalam masyarakat.

“Agama adalah alat pemersatu; tanpa persatuan, kita tidak akan dapat membangun daerah ini untuk masa depan yang lebih baik. Kita harus meningkatkan nilai toleransi antar umat beragama di Provinsi Papua Tengah ini,” katanya.

Selama pertemuan, pemerintah dan lembaga keagamaan juga membahas Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait bantuan dari pemerintah kepada lembaga keagamaan. Pemerintah berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada lembaga keagamaan, dengan batasan satu kali dalam setahun.

Pj. Gubernur Ribka Haluk juga mengungkapkan keinginannya agar lembaga keagamaan berkantor di Provinsi Papua Tengah, bukan lagi di wilayah Papua sebagai induk provinsi lain di Tanah Papua. Ini bertujuan untuk mempermudah koordinasi dan penyamaan proses ke depan.

Sekretaris Umum Sinode Kingmi di Tanah Papua, Dominggus Pigai, menyambut baik langkah-langkah pemerintah Provinsi Papua Tengah dalam memperkuat kerja sama dengan lembaga keagamaan. Ia berharap hubungan ini dapat terus ditingkatkan untuk membangun Papua Tengah dengan damai dan menghindari konflik.

Badan Pekerja Sinode GKI Wilayah V di Tanah Papua, Pdt. Pubelius Manuaron, S.TH, juga mengapresiasi inisiatif pemerintah daerah dalam menyatukan persepsi terhadap lembaga keagamaan. Ia menekankan pentingnya kerja sama yang lebih erat antara pemerintah dan lembaga keagamaan dalam mewujudkan kemajuan dan kedamaian di Provinsi Papua Tengah.

Pewarta : ( Syarif )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses