Ribka Haluk Laporkan Perkembangan Pembangunan Kantor Gubernur Papua Tengah kepada Wapres RI Ma’ruf Amin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOTA JAYAPURA_www.koranpatrolixp.com

Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM, melaporkan perkembangan Pembangunan Kantor Gubernur Papua Tengah yang terletak di daerah Kampung Wanggar Makmur, Distrik Wanggar, Kabupaten Nabire, kepada Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin dalam sebuah rapat koordinasi Badan Percepatan Pembangunan (BPP) terkait proyek Pembangunan Sentra Sarpras Pemprov di 4 Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua dan Kebijakan Pendukung Lainnya. Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin dan diadakan di Kantor Gubernur Papua pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Ribka Haluk menjelaskan bahwa Provinsi Papua Tengah telah menyiapkan lahan seluas sekitar 300 hektar untuk proyek pusat pemerintahan. Proses pengadaan tanah telah mencapai tahap pelaksanaan, termasuk musyawarah penetapan ganti rugi dan pemberian ganti rugi sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Dia juga merincikan bahwa pusat perkantoran yang akan dibangun akan mengusung konsep Green and Smart City dengan desain yang mencerminkan kearifan lokal, berbentuk Burung Cendrawasih, yang dapat terlihat jelas dari udara. Master plan untuk pembangunan telah disusun dan tinggal beberapa tahap finishing sebelum percepatan pembangunan.

Selain itu, Ribka Haluk mengusulkan agar Daerah Otonomi Baru (DOB) diberikan diskresi khusus, terutama dalam hal penyerapan anggaran, mengingat DOB memiliki karakteristik yang berbeda dengan provinsi-provinsi lainnya. Dia juga mengharapkan agar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mempercepat evaluasi APBD Perubahan untuk memungkinkan pelaksanaan pembangunan yang telah direncanakan.

Ribka Haluk juga mencatat bahwa pemerintah daerah telah mempersiapkan segala aspek keamanan terkait dengan Pemilu 2024 dan telah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Ia mengapresiasi upaya aparat keamanan yang melakukan safari pemilu ke daerah-daerah. Pemerintah daerah terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat guna mensukseskan Pemilu sebagai agenda negara yang wajib dilaksanakan dengan baik. 

Pewarta : ( Syarif )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses