Peringati Hari Pangan Sedunia Pemprov Papua Tengah Gelar pasar murah

 

 

 

 

 

 

 

Nabire Papua Tengah_www.koranpatrolixp.com

Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nabire menggelar pasar murah. Pasar murah ini bertujuan tidak hanya untuk merayakan Hari Pangan Sedunia, tetapi juga sebagai upaya dalam mengendalikan inflasi di Provinsi Papua Tengah. Kegiatan pasar murah ini dilaksanakan di Kampung Lagari Jaya, Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, pada tanggal 16 Oktober 2023.

Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk, menjelaskan bahwa ini adalah bagian dari Gerakan Panganan Murah (GMP), sebuah inisiatif pemerintah untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan Tahun ini, peringatan Hari Pangan Sedunia mengambil tema “Water is Life, Water is Food. Leave no One Behind,” yang menekankan pentingnya air dalam kehidupan dan sebagai sumber makanan.

Ribka Haluk menyoroti peran vital air dalam tubuh manusia, di permukaan bumi, dan dalam perekonomian, serta menjelaskan bahwa pertumbuhan penduduk yang pesat dan perubahan iklim membuat sumber daya air semakin terbatas. Provinsi Papua Tengah dengan berbagai kebutuhan pangan yang beragam dan daerah pesisir hingga pegunungan menghadapi tantangan besar. Oleh karena itu, pemerintah bekerjasama dengan sektor swasta dan masyarakat untuk menyediakan kebutuhan pangan yang cukup.

Selain menggelar pasar murah, Ribka Haluk juga mendorong peningkatan produksi pangan, pelestarian potensi sagu dan pangan lokal, serta peningkatan pembinaan terhadap pangan lokal di daerah Papua Tengah Pasca-acara pasar murah.

Pemprov Papua Tengah dan Pemkab Nabire memberikan sembako gratis kepada warga yang kurang mampu, serta memberikan ternak dan bibit tanaman kepada kelompok tani setempat. Harga sembako dalam kegiatan ini lebih terjangkau daripada harga pasar biasa.

Diharapkan bahwa kegiatan pasar murah ini akan membantu menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di wilayah Papua Tengah, terutama mengingat masalah inflasi yang telah mempengaruhi daya beli masyarakat.

Pewarta : (Syarif)

Editor : Septi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses