Pemerintah Provinsi Papua Tengah Gelar RAKERDA Kesehatan untuk Transformasi Sistem Kesehatan

Posted by:

 

 

 

 

 

 

 

Nabire_www.koranpatrolixp.com

Pemerintah Provinsi Papua Tengah melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Papua Tengah menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (RAKERDA) ke-1 tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, mulai dari tanggal 3 hingga 6 Juli 2023, dan diadakan di Aula Graha Bethesda, Karang Mulia Nabire, Papua Tengah. ( 4 /7/ 2023)

RAKERDA Kesehatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, yakni Ketua Tim Kerja Kementerian Kesehatan RI, PLH Setda Provinsi Papua Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, perwakilan dari Polda Papua, Direktur RSUD Nabire, perwakilan PT Freeport, pimpinan-pimpinan klinik di Kabupaten Nabire, pimpinan organisasi profesi Kesehatan Nabire, serta para tamu undangan.

Pada RAKERDA Kesehatan Daerah ke-1 tahun 2023 dengan tema, transformasi sistem kesehatan Provinsi Papua Tengah, Tujuan dari RAKERDA ini adalah untuk mempercepat peningkatan pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Provinsi Papua Tengah.

Pemerintah Provinsi Papua Tengah menekankan pentingnya jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Papua yang berada di Papua Tengah. Dalam pemaparan kinerja di Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Provinsi menyampaikan bahwa hal ini menjadi prioritas yang harus segera ditangani Untuk mencapai tujuan ini.

Plt Kepala dinas kesehatan provinsi PT, Dr. silvanus A. sumule menejelaskan, pemerintah telah mengalokasikan dana sekitar 50,5 miliar rupiah untuk membiayai bukan hanya pembayaran premi BPJS, tetapi juga rujukan pasien dari kabupaten ke provinsi, bahkan hingga ke luar provinsi, termasuk pulau Jawa.

Lanjutnya, dalam konteks stunting, terdapat 5 kabupaten dari 8 kabupaten di Provinsi Papua Tengah yang masuk dalam kategori tingkat stunting yang tinggi. Pemerintah menyadari masalah ini dan berkomitmen untuk mengatasi stunting dengan merancang roadmap untuk tahun 2023, 2024, dan 2025. Roadmap ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi upaya penurunan angka stunting di masa mendatang.

Pada bulan September mendatang, diharapkan roadmap tersebut sudah diperoleh dan akan dipresentasikan oleh Sekretaris Daerah Papua Tengah di Jakarta. ( Syarif )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses