Pembangunan TPT Desa Munungkerep Kabuh, Jumlah Dana Dengan Volume Pekerjaan Dirasa Terlalu Longgar Ini Lengkapnya.

 

Jombang, www.koranpatrolixp.com

Infrastruktur bangunan berupa Tembok Penahan Tanah (TPT) yang terletak di dusun jatirubuh desa munungkerep kecamatan Kabuh kabupaten Jombang Jawa timur, di soal oleh Ahli Teknik Bangunan terkait jumlah dana yang dialokasikan dengan volume pekerjaan dirasa sangat longgar.

Ahli Teknik Bangunan yang bergerak dibidang perencanaan design konstruksi yang beralamatkan di kabupaten Jombang, menyoal perihal tersebut, ketika dirinya dimintai keterangan teknis, kepada media koranpatrolixp.com ia menjelaskan. Rabu (11/4/2023).

“Jika diketahui pada dimensi tembok penahan tanah yang dilaksanakan oleh pihak desa, ketinggian pasangan batu kali tidak lebih dari 60 cm dan kedalaman pondasi diperkirakan 30 cm, tetapi menelan biaya sebesar itu Rp.132.600.000 (seratus tiga puluh dua juta enam ratus ribu rupiah).” terangnya.

Dari keterangan yang disebutkan pada papan kegiatan proyek, sambung penjelasannya, volume panjang 296 meter. Namun volume kubikasi pasangan batu kali yang terhitung mencapai 39,96 m3 untuk pondasi batu kali dan pasangan batu kali mencapai 55,50 m3 dengan ketinggian pasangan 50 cm dan kedalaman pondasi 30 cm.

“Dari jumlah total dana yang dialokasikan senilai 132 juta dengan volume kubikasi sejumlah itu, dirasa sangat longgar nilai yang dikucurkan, berapa harga satuan untuk item pekerjaan pondasi batu kali dan pasangan batu kali yang dibuat oleh perencana desa munungkerep kecamatan Kabuh.” rincinya.

Lebih detail penjelasan Ahli Teknik Bangunan. “Dalam perhitungan estimasi biaya bangun untuk TPT desa munungkerep dengan ketinggian 50 cm tidak lebih dari 97 juta rupiah, namun anggaran yang dialokasikan untuk bangunan TPT itu mencapai 132 juta rupiah, hal itu patut dipertanyakan publik.” bebernya.

Dirinya menjelaskan, lanjut penjelasan Ahli Teknik Bangunan. “Jumlah anggaran yang dialokasikan sebesar itu, patut dipertanyakan harga satuan yang dibuat oleh perencana desa, karena dari HSPK tahun 2023 sudah diketahui untuk pasangan batu kali dengan campuran 1pc : 4psr ialah 985.000 per kubik.” jlentrehnya.

Ahli Teknik Bangunan juga menilai, tandasnya, pekerjaan pembangunan tembok penahan tanah yang ada di dusun jatirubuh tersebut, jadi ajang mencari keuntungan pribadi. “Hal itu diketahui dari volume yang dikerjakan dirasa tak seimbang dengan nilai anggaran yang dikucurkan.” urainya.

Sementara itu, untuk memperjelas atas dugaan bahwa pembangunan TPT desa munungkerep jadi ajang Bancak an pihak yang terlibat, koranpatrolixp com berusaha menggali keterangan kepada Kepala Desa (Kades) Munungkerep Sutrismi via selularnya, namun konfirmasi yang dipertanyakan tidak ada jawaban dari Kades, padahal pertanyaan yang diajukan terkirim dan terlihat pesan dikirim centang dua dan bertanda biru. Rabu (11/4/2023).

Hingga berita ini diunggah, media koranpatrolixp.com belum mendapat keterangan jelas secara detail atas dugaan tersebut, tetapi media terus berupaya menggali kejelasan yang dianggap misterius itu kepada pihak perencana desa dan TPK desa. *bersambung. (hdk/tim).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses