Galakkan ‘Mari jo Bakobong GMIM PETRA PINILIH

Posted by:

 

GMIM Bakobong

Panitia Hari-Hari Raya Gerejawi GMIM Petra Pinilih melakasanakan program berkebun dalam rangka mendukung program Sinode GMIM “GMIM BAKOBONG” dan juga program ketahanan pangan yang digagas oleh pemerintah provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan dihadiri oleh Camat Dimembe – Ansye Dengah, Pemerintah Desa Pinilih, juga Sekretaris Badan Pekerja Majelis Wilayah GMIM Tatelu 1 – Pdt Julioner Luntungan dan sejumlah pendeta yang melayani di wilayah Tatelu 1.

Kegiatan berlangsung pada Selasa 16 Mei 2023 di lading perkebunan jaga 4 Desa Pinilih Kecamatan Dimembe Minahasa Utara, dengan memanfaatkan lahan seluas 2.5 ha untuk tanaman jagung hibrida dan tanaman holtikultura lainnya, seperti terong, kacang, rica dll.
Kegiatan hari ini diawali dengan sambutan ketua Panitia – Pdt Adma Sentosa Tarigan, yang juga juga merupakan praktisi pertanian di Desa Pinilih.

Selanjutnya berlangsung ibadah yang dipimpin oleh Ketua BPMJ GMIM Petra Pinilih – Pdt Nevins Tarore STh, dalam khotbahnya Pdt Nevins berharap kegiatan ini bisa terus berkesinambungan mengingat masih banyaknya lahan pertanian yang ada ada di Desa Pinilih yang belum tergarap maksimal. Selain tanaman jagung, Pdt Nevins berharap bisa dilanjutkan dengan tanaman padi dan peternakan ayam dan babi.

Pdt Nevins Taroreh STh

Camat Dimembe Ansye Dengah S.Sos dlm sambutannya mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi melibatkan anak-anak dan pendamping PPA di Pinilih, sehingga diharapkan anak-anak akan terus memlihara asa, bahwa bidang pertanian pun bisa maju dan menjamin kehidupan masyarakat. Camat juga berharap akan muncul petani-petani milenial di wilayah pelayanan GMIM tatelu 1 seperti yang sudah dilakukan di beberapa wilayah Minahasa lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pekerja Majelis Wilayah GMIM Tatelu 1 – Pdt Julioner Luntungan mengaku takjub dengan masih banyaknya warga Desa Pinilih yang aktif dalam kegiatan pertanian, masih membawa cangkul ke kebun dan bercocok tanam, hal ini mulai jarang terlihat di wilayah Tatelu Raya, mengingat warga yang lebih tertarik berusaha dan bekerja di bidang pertambangan.

Kegiatan GMIM BAKOBONG ini juga didukung oleh BPMW Tatelu 1 dengan menyediakan bibit jagung hibrida untuk ditanam dalam lahan yang tersedia untuk PPA & 10 kolom di GMIM Petra Pinilih. Penyerahan bibit jagung dilakukan oleh Camat Dimembe & Pengurus BPMW Tatelu 1 kepada perwakilan PPA ID 0144 dan pelayan khusus kolom 1-10

Kegiatan diakhiri dengan penanaman secara simbolis di lahan perkebunan kolom 2 dan 3, yang dilakukan oleh Camat Dimembe, BPMW Tatelu 1, BPMJ GMIM Petra Pinilih, Pemerintah Desa, para pendeta yang melayani di Wilayah Tatelu 1 dan Panitia HHRG.

 

Pewarta. Alfred Manangkalangi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses