Demi Meningkatkan UMKM Pemkab Sumenep Naik Kelas dengan Sosialisasi Produk Perbankan dan Asuransi

 

 

 

 

 

 

Sumenep_www.koranpatrolixp.com

Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar sosialisasi dan edukasi produk perbankan dan asuransi untuk UMKM di Rumah Kemasan produk UMKM, Selasa (26/09/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan memfasilitasi UMKM dalam mengakses produk keuangan, mendapatkan kredit untuk mengembangkan usahanya.

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Sumenep, Dadang Dedy Iskandar, menyampaikan bahwa pemerintah selalu hadir membantu meningkatkan perekonomian UMKM.

“Selain membantu perizinan, pembinaan, termasuk juga akses terhadap lembaga pembiayaan,” kata Dadang.
Dia berharap, dengan adanya sosialisasi tersebut, UMKM di Sumenep dapat naik kelas.

Pada kesempatan yang sama, bagian pembiayaan BPRS Bhakti Sumekar, Dessellina, menyampaikan beberapa mekanisme pembiayaan di BPRS Bhakti Sumekar.
“BPRS Bhakti Sumekar sebagai salah satu BUMD Sumenep yang menyediakan fasilitas pembiayaan nol persen bunga dan tanpa biaya lain-lain,” terang Dessellina.

Sementara itu, Account Representatif Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Sumenep Ardya Dwi, menyampaikan bahwa syarat mengambil pembiayaan di perbankan adalah memiliki perizinan dan mengasuransikan pekerjanya melalui BPJS Ketenagakerjaan.
“Program jaminan sosial ketenagakerjaan mencakup kecelakaan kerja dan jaminan hari tua, sebagai bentuk perlindungan karyawan agar bekerja dengan tenang,” terang Ardya.

Sosialisasi ini diikuti oleh 12 pelaku UMKM binaan Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian dan Perdagangan setempat. Mereka antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan berbagai pertanyaan terkait produk perbankan dan asuransi yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usahanya.

Di akhir acara, peserta yang merupakan pelaku UMKM mendapatkan pengganti biaya transportasi.

Pewarta : Sahawi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses