Tingginya Nilai Anggaran Pembangunan Pagar Makam Dusun Bandaran Jombang, Terindikasi Buat Bancakan Pihak Yang Terlibat.

Jombang – www.koranpatrolixp.com

Paket pekerjaan pembangunan pagar makam (TPU) yang terletak di Dusun Bandaran Desa Mancilan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang Jawa Timur, terindikasi jadi ajang Bancakan pihak yang terlibat beserta kroni – kroninya.

Dugaan tersebut, diketahui dari volume pekerjaan yang dilaksanakan tidak seimbang dengan nilai anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan pagar tersebut. Diketahui pada volume 53,30 m dengan tinggi realisasi 1,90 cm, menelan biaya sebesar Rp. 75 juta rupiah.

Dari perihal dugaan anggaran yang tinggi itu, diutarakan oleh narasumber yang bisa dipertanggung jawabkan keterangannya, sekaligus narasumber juga paham betul teknis bangunan, dan dirinya menjelaskan. Kamis (17/11/2022).

“Sangat fantastis anggaran untuk pagar makam di dusun Bandaran desa Mancilan, hanya sebatas volume segitu tapi menelan biaya sebesar Rp. 75 juta rupiah, apa tidak kebesaran nilainya” tutur narasumber kepada awak media koranpatroli, sambil berpesan, supaya namanya tidak disebut dalam pemberitaan media massa.

Dirinya menilai, jika anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan pagar makam itu, diduga jadi ajang Bancak an dari pihak yang terlibat, itu diketahui dari volume yang direalisasikan tidak seimbang dengan jumlah total biayanya.

“Sangatlah tidak wajar, bila pekerjaan pembangunan pagar setinggi 170 cm, meskipun realisasinya 190 cm, dengan panjang pagar 53,30m, menghabiskan biaya Rp. 75 juta rupiah, apa sudah benar harga satuan yang dibuat untuk bangunan itu, jangan – jangan ada Mark up harga” tanya narasumber.

Masih dari penuturan narasumber, dilihat dari konstruksi bangunannya saja, lanjut penjelasannya, hanya berupa pagar dengan hitungan meter panjang dikali ketinggian dan tidak ada item pekerjaan yang berbobot harga satuannya, tapi bisa menghabiskan dana segitu, masyarakat atau publik juga bisa menilai, wajar atau tidaknya.

Ia berharap, supaya pihak dinas terkait atau pihak pemeriksa pekerjaan maupun teknis pekerjaan, diminta kroscek lagi antara volume dengan anggaran yang dialokasikan, biar uang negara tidak disalah gunakan untuk kepentingan pribadi.

“Pihak terkait, yaitu DPMD Jombang supaya melakukan cek lokasi dan nilai anggaran, serta pihak Inspektorat Jombang, supaya memeriksa detail pada konstruksi pagar yang sudah dilaksanakan oleh TPK Desa Mancilan” pungkasnya. (hdk).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses