Siap-Siap Warga Sumenep Akan Dimeriahkan Dengan Festival Jaran Serek

Posted by:

 

 

 

 

 

 

Sumenep_ www.koranpatrolixp.com Sebagai rangkaian kegiatan Kalender Event 2024, Pemerintah Kabupaten Sumenep kembali mengadakan Festival Jaran Serek (kuda menari), bertajuk Sumenep Pentahelix” dalam rangka menjaga kelestarian budaya, Selasa, 07/05/2024.

 

Festival Jaran Serek ini dijadwalkan pada Minggu 19 Mei 2024 pukul 07.00 Wib dengan rute start di Lapangan Giling dan finish di Labang Mesem Keraton Sumenep.

 

Panitia penyelenggara tidak hanya akan menampilkan Festival Jaran Serek saja namun juga akan menampilkan Parade Jalan Serek Menari, Tari Sampur Kusir, Pangantan Sonat, Saronen, Dromben Tontong, dan Musik Tongtong Baladewa.

 

Festival Jaran Serek (kuda menari), bertajuk Sumenep Pentahelix akan diikuti ratusan ekor kuda yang diiringi musik tradisional saronen.

 

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, para peserta Festival Jaran Serek akan menampilkan kreasi yang atraktif dan kreatif dalam menampilkan aksi kudanya.

 

 

“Penampilan tersebut tentu akan menarik perhatian masyarakat yang menyaksikan di sepanjang rute mulai start hingga finish,” kata Bupati kepada wartawan.

 

Calon pemimpin masa depan Jawa Timur ini berharap, kegiatan tersebut mampu mempertahankan dan memelihara seni budaya jaran serek ditengah perubahan zaman.

 

 

“Di era kemajuan seperti saat ini, salah satu seni pertujukan tradisional ini harus tetap lestari sebagai potensi lokal dalam menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sumenep,” tukasnya.

 

Oleh karenanya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menerangkan, pemerintah daerah berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan seni budaya warisan leluhur, termasuk Jaran Serek.

.

“Untuk mempertahankan seni budaya warisan leluhur, sudah menjadi tugas seluruh elemen agar tetap bersama sama menjaga dan merawat serta menunjukkan kepedulian agar keberadaannya tidak tergerus oleh zaman,” pungkasnya.

Reporter : Sahawi

Editor : Septi

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses