Selain Tanpa Keterangan, Jalan Rabat Beton Desa Balongsari Megaluh Hasil Pekerjaan Menuai Sorotan.

Jombang – www.koranpatrolixp.com

Infrastruktur fisik berupa pembangunan jalan rabat beton dan duiker beton yang berada di desa Balongsari kecamatan Megaluh kabupaten Jombang Jawa timur, menuai sorotan masyarakat maupun publik.

Pasalnya, dari pantauan media koranpatrolixp.com, dilokasi tidak ada keterangan dari pekerjaan tersebut, selain itu nampak juga permukaan jalan rabat dibeberapa titik sudah mengelupas, batu agregat sudah keluar dari spesi adukan beton.

Hal itu sama seperti yang diungkapkan oleh warga setempat, saat ditemui dilokasi pekerjaan jalan rabat itu, kepada media koranpatrolixp.com dirinya menuturkan seputar jalan tersebut. Sabtu (11/2/2023).

“Jalan rabat beton itu masih beberapa bulan selesai dikerjakan mas, tapi kok spesinya (luluhnya : Jawa-nya), sudah banyak yang mengelupas, entah semennya yang kurang atau kualitas pasirnya yang kurang bagus, saya tidak begitu paham.” tuturnya, sambil berpesan, agar namanya tidak disebut dalam pemberitaan.

Selain itu, lanjut penuturan narasumber, dibeberapa titik jalan beton itu, juga nampak bahwa jalannya ada yang pecah tembus, entah penyebabnya apa sampai pecah, dirinya tidak berani memberikan keterangan terlalu detail kepada media.

“Pecahnya jalan itu kurang lebih ada sekitar lima titik, penyebab pecahnya jalan beton tersebut, saya tidak ngerti mas, karena saya bukan orang bangunan, ya taunya saya kok masih beberapa bulan selesai dikerjakan sudah ada yang pecah.” ujarnya.

Lebih lanjut penuturannya, “Pekerjaan jalan rabat beton itu dikerjakan sesudah jalan beton sisi selatan, yang ada papan proyeknya itu, kalau tidak salah jalan rabat sisi selatan itu dari program Jombang Berkadang tahun 2022.” urainya.

Kalau yang jalan rabat beton ada pekerjaan jembatan kecil itu, (duiker – red), bersumber dari anggaran apa, saya juga tidak tau, sebab, dilokasi tidak ada keterangan papan yang dipasang, tidak seperti jalan rabat sebelumnya, yaitu jalan yang dari Jombang Berkadang.

Ditanya, kapan selesainya pekerjaan jalan rabat beton itu, dan dikerjakan siapa, narasumber menambahkan, “Setahu saya warga desa sini mas, tetapi kapan selesainya pekerjaan tersebut, saya tidak ingat, cuma saya lihat pekerjaan itu seperti bangunan belum selesai, ya jembatan kecil itu, karena papan cornya belum dilepas hingga saat ini.” beber narasumber.

Sementara itu, media koranpatrolixp.com berupaya menggali keterangan pada pekerjaan jalan rabat beton itu kepada Kepala Desa (Kades) Balongsari Nur Wakhid via selular, bahwa pekerjaan tanpa keterangan maupun ada beberapa titik jalan yang sudah mengelupas dan pecah. Tetapi Kades tidak bisa dikonfirmasi. Sabtu (11/2/2023).

Hasil keterangan yang dihimpun media, bahwa pekerjaan jalan rabat beton itu terkesan tidak transparan kepada publik maupun masyarakat, serta dugaan kualitas mutu beton yang dikerjakan disinyalir tidak sesuai bestek, masih belum mendapatkan penjelasan dari Pihak Desa maupun TPK.

Hingga berita ini ditayangkan, media koranpatrolixp.com terus berupaya menggali keterangan detail atas dugaan itu, hingga saat ini media belum bisa mengkonfirmasi kepada TPK Desa Balongsari, namun upaya itu terus dilakukan. (hdk/wdynti).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses