Puskesmas Ganding Rampas Hak Pejalan Kaki !

 

 

 

 

 

 

Sumenep | www.koranpatrolixp.com Penyalahgunaan fungsi trotoar di areal jalan pertigaan ganding tampaknya masih terjadi. Fasilitas umum (fasum) yang semestinya khusus bagi pejalan kaki, justru dimanfaatkan untuk parkir kendaraan.

 

Seperti yang terlihat di depan Puskesmas Ganding Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur yang menjadikan trotoar sebagai lahan parkir kendaraan sepeda motor tepatnya depan PKM.

 

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu warga setempat. Menurutnya, setiap hari para pengguna jalan disuguhkan dengan pemandangan kendaraan bermotor di atas trotoar tepatnya depan Puskesmas Ganding.

 

“Ya, setiap hari kerja, trotoarnya pasti penuh parkir,” ungkap Kussairi salah satu warga (29/03/2024).

 

Menurut Kussairi, kendaraan yang diparkir tidak pada tempatnya tersebut adalah milik pasien atau pengunjung puskesmas.

 

“Padahal, peruntukan trotoar tersebut sudah jelas untuk pejalan kaki. Apalagi itu kan fasilitas kesehatan milik pemerintah. Masak tidak disediakan tempat parkir yang layak,” imbuhnya.

 

Anehnya lagi, trotoar yang semestinya menjadi area pejalan kaki justru dijadikan lahan parkir bahkan sampai diberi pagar besi sehingga warga tidak bisa sama sekali melewatinya.

 

“Sehingga warga Ganding yang mau lewati harus turun ke jalan raya dan tentunya membahayakan terhadap keselamatan warga akibat lalu lalang para pengendara di jalan raya,” tutupnya.

 

Hal tersebut juga mendapat respon dari salah satu aktivis yang berada di kecamatan Ganding, Gufron Efendi.

Menurut Gufron Efendi, penutupan trotoar merupakan bagian dari perampasan hak pejalan kaki. Apalagi sampai dijadikan tempat parkir kendaraan bermotor.

 

“Kalau dijadikan parkir, pejalan kaki mau lewat dimana? kan trotoar itu dibangun untuk pejalan kaki,” jelasnya.

 

Gufron panggilan akrabnya menyebut, pemandangan pemanfaatan fasilitas tidak sesuai fungsinya ini sudah lama terjadi. Warga khawatir jika itu dibiarkan akan berimbas pada keselamatan bahkan sangat membahayakan pejalan kaki.

 

“Sebab, mereka yang melintas di depan puskesmas harus turun ke jalan karena tidak bisa melintas akibat terhalang pagar yang dijadikan lahan parkir, Tentu rawan kecelakaan. Terlebih juga banyak mobil yang melintas setiap menitnya,” tegasnya.

Gufron berharap ada penertiban dari dinas terkait guna menghindari peristiwa yang tidak diinginkan.

 

“Termasuk, Hal itu sangat mengganggu aktivitas warga yang melintas di depan puskesmas tersebut ucapnya. Oleh karena itu kami meminta kepada pihak-pihak terkait agar segera menindaklanjuti persoalan tersebut,” Tukasnya.

 

Sampai berita ini dimuat belum ada keterangan resmi dari kepala puskesmas Ganding.Berlanjut

 

Reporter :Sahawi

Editor : Septi

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses