Proyek Tanpa Papan informasi atau bisa disebut Proyek siluman di kali Marengan 

Sumenep – www.koranpatrolixp.com

Pembangunan rehab Kali Marengan yang berlokasi di jalan Slamet riyadi, desa Pabian Kecamatan Kota Sumenep, tanpa adanya keterangan papan informasi. Hal tersebut, berpotensi menjadi ajang permainan kegiatan oleh sekelompok orang tertentu?

Padahal, transparansi anggaran sudah menjadi keharusan dilaksanakan pemerintah dalam menjalankan program kerjanya. Terutama, mulai dari perencanaan, pelaksanaan tender, sampai pelaksanaan proyek.

Aturan tersebut sudah jelas tertera dalam UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain UU KIP, ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah.

Seperti Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (Permen PU 29/2006) dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (Permen PU 12/2014).

Nyatanya, tidak demikian halnya dengan pembangunan Rehab Kali Marengan yang menghubungkan air sungai dengan laut ini. Dimana, dalam pantauan media ini dilapangan tidak menemukan papan informasi di lokasi kegiatan.

Media ini mencoba mengkonfirmasi kepada para pekerja dilapangan, namun justru tidak ada yang tahu tentang pekerjaan yang ampuhnya tersebut.

“Tidak tahu mas, kita hanya bekerja,” singkatnya.

Tetapi, saat ditanya siapa penanggung jawab pekerjaan tersebut, sebagian lainnya menambahkan,” Tadi ada mas, tapi sekarang sudah tidak ada.” tukasnya.

Terpisah, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Bina Marga (PUPR dan Bina Marga) kabupaten Sumenep, melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air, Hendri Hartono, saat dikonfirmasi lewat aplikasi WhatsAppnya mengatakan bahwa pihaknya masih ada diluar kantor,” Masih diluar kantor mas, masih monitoring ke beberapa lokasi.” Pungkasnya dengan singkat, pada Kamis(13/10/2022).

Dikonfirmasi kembali pada Jum’at (14/10/2022), Dinas PUPR dan Bina Marga Kabupaten Sumenep masih ada acara.

“Masih ada acara technical meeting mas.” Terang Kabid Sumber Daya Air, Hendri Hartono, dengan singkat lewat aplikasi WhatsAppnya pada Jum’at (14/10/2022)

Sampai berita ini ditayangkan, belum ada keterangan resmi dari Dinas terkait dan penanggung jawab perihal pekerjaan rehabilitasi Kali Marengan, Pabian Kecamatan Kota Sumenep ini.
Sementara, dibagian barat dari lokasi rehabilitasi Kali Marengan juga terdapat pengecatan sisi badan sungai yang juga tidak menemukan papan informasi.

Pewarta | Sahawi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses