Proyek Rekonstruksi Jalan Carangwulung – Sumber, Sukses Dikerjakan Dan Menjadi Akses Transportasi Masyarakat.

Jombang – www.koranpatrolixp.com

Pemerintah Kabupaten Jombang pada Satker Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), memploting ruas jalan Carangwulung – Sumber Kecamatan Wonosalam, sukses dikerjakan dan menjadi akses transportasi masyarakat setempat dan masyarakat wonosalam.

Paket pekerjaan rekonstruksi itu didanai dari APBD Tahun Anggaran 2022, dengan nominal anggaran yang dialokasikan sebesar Rp.3.457.447.402,46, dengan waktu pelaksanaan 120 hari kalender, penyedia Jasa CV. Fajar Mulia, Konsultan Pengawas CV. Media Prima Konsultan.

Terealisasinya rekonstruksi itu, tidak lepas dari Dinas Terkait yaitu PUPR Jombang dan penyedia Jasa (Pelaksana) CV. Fajar Mulia, dari awal mulainya pekerjaan tanggal 30 Agustus sampai Desember 2022, terus menggenjot progress yang dilaksanakan, serta Dinas PUPR terus mengawal jalannya pengerjaan.

Suyanto, Pelaksana Lapangan CV. Fajar Mulia, membeberkan perihal pekerjaan rekonstruksi ruas jalan itu, dirinya menjelaskan, saat ditemui oleh media koranpatrolixp.com dikantor. Jum’at (13/1/2023).

“Dari awal proses pengerjaan, memang kita sebagai pelaksana pekerjaan terkendala akses material masuk ke area proyek, sebab, kondisi jalannya sempit serta menanjak, jadi mau tidak mau volume pengiriman material tidak bisa banyak” tutur Suyanto.

Apalagi ruas jalan itu, sambung Suyanto, menjadi satu satunya akses masyarakat untuk membawa hasil bumi ke pasar maupun keluar wonosalam, jadi kita juga terkendala lalu lalang kendaraan warga setempat.

“Tetapi Alhamdulillah, dengan selesainya pelebaran jalan yang masuk item pekerjaan kita, sudah selesai, bisa menambah lebar ruas jalan itu, dan juga bisa mempermudah kendaraan khususnya roda empat bisa masuk, meskipun harus simpangan ditempat tanjakan” ujarnya.

Adapun item pekerjaan yang kami laksanakan, lebih detail penyampaian Suyanto, terinci sebagai berikut, pada ruas depan di titik nol pekerjaan, terbangun gapura (kiri – kanan) yang berbahan dari batu alam Andesit, sedangkan untuk penunjang, persis dibawah gapura ada pekerjaan gorong – gorong dari Box Culvet.

Lebih lanjut penyampaian Suyanto, “Pada item pekerjaan pelebaran jalan, volume yang kita kerjakan sepanjang 2.500m pada sisi kanan – kiri ruas jalan, lebar per sisi ialah 110 cm, memakai bahan material untuk pelebaran itu beton mutu Ready Mix” jelasnya.

Selain itu, penunjang konstruksi jalan, terbangun juga Penahan Jalan direalisasikan sport sport pada titik yang rawan longsor tanah setempat, dan volume pasangan batu kali penahan jalan itu jumlah total kubikasinya 1.024 m3. Dan pelebaran jembatan 1 unit” jlentreh Suyanto.

Sementara itu, Gina salah satu warga desa Gondang Wonosalam, juga sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jombang, yang sudah merealisasikan jalan Carangwulung – Sumber, dan masyarakat jadi lancar untuk melewati ruas jalan tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Terkait, karena jalan itu satu satunya akses warga Gondang untuk membawa hasil bumi ke pasar maupun ke luar wonosalam, apalagi pengunjung wisata juga sangat mudah melewatinya” kata Gina.

Gina juga menambahkan, tak hanya pelebaran jalan yang menunjang transportasi warga, ada juga gapura yang berada di pintu masuk desa, menjadikan ruas jalan itu ada estetika yang memadai.

“Selain pelebaran jalan di sisi kanan kiri, ada juga plengsengan dari beton serta penahan jalan untuk menahan agar tanah tidak terjadi longsor, masyarakat sekarang menjadi mudah melewati ruas jalan itu, dan jalan tersebut memudahkan ke area wisata di wonosalam” pungkas Gina. (hdk/wdynti).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses