Petani Desa Tanggungan Gudo Senang, Akses Pertanian Sudah Direalisasikan.

 

 

 

 

 

 

Jombang,www.koranpatrolixp.com

Sebuah infrastruktur peningkatan prasarana jalan desa untuk jenis pekerjaan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) beserta pemadatan jalan akses ke pertanian yang terletak di dusun kemuning desa tanggungan kecamatan Gudo kabupaten Jombang Jawa timur membuat banyak petani merasa senang.

Terlebih jalan akses pertanian tersebut sudah direalisasikan oleh Pemerintah Desa (Pemdes), sebab akses itu sangat vital bagi banyak petani untuk memperlancar transportasi hasil panen serta mempermudah menyuplai kebutuhan sawah seperti pupuk maupun bibit tanaman.

Salah satu petani sebut saja Karto mengungkapkan atas terbangunnya penahan jalan dan pemadatan jalan, dirinya merasa terbantukan dengan adanya akses jalan yang lebih lebar dan keras. “Alhamdulillah mas, sekarang jalannya sudah menjadi lebar, jadi para petani yang mempunyai lahan sawah disekitar jalan itu lebih mudah mengangkut hasil panen, sebab sebelumnya jalan itu sempit dan juga berlumpur saat hujan turun.” ungkapnya kepada media patroli ketika diwawancarai. Kamis (2/11/2023).

Tak hanya mempermudah akses jalan lebih lebar dan lancar, fungsi dari penahan tanah yang dilaksanakan juga sebagai pendamping saluran air yang menuju ke area sawah. “Jadi aliran air untuk pengairan sawah juga lebih mudah, karena penahan tanah itu menjadi multifungsi, selain penguat jalan biar tidak ambles ke saluran irigasi, juga menjadi penopang aliran air tidak meluber ke jalan, jadi tepat bisa masuk ke sawah.” jelas Karto.

Masih Karto mengungkapkan, saya ucapkan terima kasih kepada Pemdes tanggungan, sudah merelisasikan akses jalan pertanian dusun kemuning. “Semoga setelah ini bisa membuat hasil panen lebih meningkat. “Bagi petani seperti saya ini sangat senang sekali, sudah dilaksanakannya bangunan itu, saya berharap bagi kami para petani bisa meningkat hasil panennya serta membuat keuntungan lebih baik dari tahun sebelumnya.” jlentrehnya, dengan raut muka berseri seri.

Sementara itu, Ketua TPK desa tanggungan Khoirul Rozikin juga menuturkan, bahwa pekerjaan TPT maupun perkerasan jalan untuk tahun ini difokuskan ke area pertanian di dusun kemuning. “Sumber anggaran yang kami realisasikan untuk pekerjaan tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023.” kata ketua TPK saat ditemui media dilokasi pekerjaan. Jum’at siang (3/11/2023).

Sedangkan untuk pekerjaan TPT kami realisasikan pada tepi kiri dan kanan jalan, serta perkerasan urugan jalan dipadatkan, agar nantinya saat musim hujan tidak becek, tandasnya, sedangkan untuk volume TPT sepanjang 137 m dan 138 m dengan ketinggian yang berbeda. “Pasangan TPT sisi barat lebih tinggi dari TPT sisi timur, untuk total biaya bangun menelan anggaran sebesar Rp.127 juta rupiah.” rincinya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa (Kades) tanggungan Moch Qosim mengatakan, untuk infrastruktur tahun ini kita prioritaskan untuk akses pertanian dan jalan aspal lingkungan. “Pekerjaan TPT itu atas hasil Musdes yang kita rencanakan sebelumnya, dan pihak kami melaksanakan teknis pengerjaan sesuai apa yang dikoreksi oleh pihak terkait, seperti kader teknis desa maupun dari pendamping kecamatan.” ucap Kades.

Lebih lanjut kades mengatakan, setelah bangunan TPT dan pemadatan jalan itu jadi, kami mohon supaya para petani mau menjaga dan merawat jalan itu bersama sama, karena itu penting untuk anak cucu kita kelak. “Saya berharap semua lini, baik dari pemdes, pelaksana kegiatan, para petani dan masyarakat mau menjaga bangunan itu dengan sebaik baiknya.” harap Kades sambil memungkasi apa yang dikonfirmasikan.

Reporter : hdk

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses