Peran Serta Orang Tua Terhadap Anak-anaknya Sangatlah Penting di era digital

Sumenep – www.koranpatrolixp.com

Dalam Perkembangan teknologi yang sangat pesat , membuat orang tua, harus lebih aktif dan harus mewaspadai juga memberikan pengawasan untuk anak-anaknya dalam pergaulan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Orang tua harus berperan aktif untuk melakukan pengawasan dan memberikan edukasi kepada anak, agar setiap informasi yang diterima oleh anak dapat dicari keabsahan dan sumber datanya.

“Saat ini perkembangan teknologi semakin canggih, maka peran orang tua dalam melakukan pengawasan sangatlah penting,” kata Drs. Ahmad Zulkarnain, M.H., Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Sumenep kepada AnalisNews.co.id, Selasa (07/02/2023).

Ahmad Zulkarnain meminta orang tua, agar selalu menjaga keharmonisan antara orang tua dan anak. Harapannya kepada orang tua untuk lebih membangun komunikasi, agar orang tua dapat melakukan pengawasan kepada anak.

“Maka, agar tidak termakan isu-isu yang tak bisa dipertanggungjawabkan, pengawasan dari orang tua kepada anak harus intens dilakukan,” paparnya.

Orang tua, kata pria karismatik berkumis tipis ini, berperan sebagai pembentuk karakter dan pola pikir dan kepribadian anak. Oleh karena itu, keluarga merupakan tempat di mana anak-anaknya pertama kali berkenalan dengan nilai dan norma.

“Walaupun di dalam keluarga, tidak terdapat rumusan kurikulum dan program resmi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, akan tetapi sifat pembelajaran di dalam keluarga sangat potensial dan mendasar,” tambahnya.

Dan perlu diingat, apabila sang anak tiba-tiba memiliki atau punya kebiasaan lain atau kebiasaan baru, orang tua wajib curiga dan harus ditanya. Apa penyebabnya, kenapa sikap dan tingkah lakunya keluar dari kebiasaan sehari harinya.

“Orang tua wajib peka. Peka melihat situasi dan kondisi anak.” pungkasnya

Pewarta | sahawi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses