Pemdes Kauman Mojoagung, Laksanakan Saluran Irigasi Beton Untuk Memperlancar Kebutuhan Air.

 

 

 

 

 

 

 

Jombang, www.koranpatrolixp.com

Guna meningkatkan serta memperlancar suplai air untuk mengairi beberapa sawah petani yang vital bagi tanaman, Pemerintah Desa (Pemdes) Kauman kecamatan Mojoagung kabupaten Jombang Jawa timur melaksanakan infrastruktur berupa pembangunan saluran irigasi beton bertulang.

 

Pembangunan saluran irigasi tersebut dilaksanakan ditahun anggaran 2023, bersumber dana dari Program Jombang Berkadang (Berkarakter dan berdaya saing) dengan besaran nilai bangun sejumlah Rp.75.000.000 adapun volume fisiknya sepanjang 71 m terletak di dusun Kauman.

 

Dari terbangunnya saluran irigasi beton itu bisa membuat suplai air untuk kebutuhan tanam, hal itu dikatakan oleh salah satu petani desa yaitu Kurniawan, dirinya merasa senang, karena irigasi untuk sawahnya saat ini bisa lebih mudah dan lancar.

 

“Alhamdulillah, para petani dusun Kauman sekarang lebih mudah mendapatkan jadwal suplai air, dikarenakan jalur irigasi sudah bagus dan berupa pasangan beton,” Ujar Kurniawan kepada media koranpatrolixp.com ketika dikonfirmasi.

 

Kurniawan juga menambahkan, dirinya meyakini dengan adanya bangunan irigasi tersebut, hasil panen bisa lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

 

“Saya yakin untuk tahun ini (2023 – red) hasil panen para petani dusun pasti melimpah, dikarenakan mudah mendapatkan air untuk irigasi ke sawah kami, ” tandasnya.

 

Semoga ditahun selanjutnya, lanjut kata Kurniawan, kesulitan air untuk mengairi sawah tidak jadi kendala lagi, dan saya sangat berterima kasih kepada Pemdes Kauman sudah merealisasikan bangunan untuk kebutuhan sawah para petani.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada TPK dan Pemdes Kauman, sudah melaksanakan saluran irigasi untuk mendukung kebutuhan pokok sawah yaitu jalur pengairan,” ucapnya.

 

Sementara itu, ketua TPK Mohammad Mashudi juga menjelaskan, kalau fisik saluran irigasi beton bertulang yang dilaksanakan, diprioritaskan ke titik dusun Kauman.

 

“Karena area persawahan petani berada di satu titik tersebut, meskipun Kauman desa terkecil se kabupaten Jombang, tetapi urusan pengairan sawah tidak kalah dengan desa lainnya, untuk itu fasilitas irigasi kami optimalkan di dusun tersebut, agar hasil panen petani lebih bagus lagi.” Papar Ketua TPK.

 

Sedangkan anggaran yang dikucurkan sebesar tujuh puluh lima juta rupiah dengan volume pekerjaan 71 meter.

 

“Bersumber dari anggaran APBD Jombang Berkadang tahun 2023, dan kami laksanakan sesuai juknis dan juklak yang tertuang.” Imbuhnya.

 

Lebih lanjut yang dikatakan ketua TPK, setelah bangunan saluran irigasi beton bertulang itu selesai, kita jada dan rawat bersama.

 

“Karena saluran irigasi yang terbangun adalah asset pemerintah, untuk itu kita jaga dan rawat supaya bisa dimanfaatkan lebih lama lagi,” Pesan Ketua TPK.

 

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Kauman Mohammad Wibisono, SPd juga mengucapkan rasa terima kasih kepada ketua TPK dan warga dusun Kauman, yang senantiasa bisa bersama sama menjaga dan merawat bangunan irigasi itu.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada ketua TPK, yang mampu membantu desa untuk melaksanakan bangunan sesuai dengan teknis, serta para petani juga bisa merawat bangunan itu. Semoga bangunan irigasi yang terbangun bisa menjadikan kemudahan untuk suplai air ke beberapa sawah,” harap Kades.

 

Bangunan irigasi beton bertulang tersebut ialah serta merta direalisasikan atas dasar rapat Musdes dibulan sebelumnya dengan para petani maupun perangkat desa.

 

“Dan Alhamdulillah titik pembangunan yang kami sepakati bersama terletak di dusun Kauman desa Kauman kecamatan Mojoagung.” Kades memungkasi. (hdk).

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses