Pekerjaan Rangka Atap Pendopo Balai Desa Balongbesuk, Nilai 100 Juta Diduga Jadi Ajang Bancakan Oknum Yang Terlibat Ini Jelasnya.

 

Jombang – www koranpatrolixp.com

Sungguh mengherankan melihat paket pekerjaan yang berada di Desa Balongbesuk kecamatan diwek kabupaten Jombang Jawa timur, paket pekerjaan tersebut berupa pemasangan rangka atap baja dan ring beton untuk gedung pendopo balai desa. Rabu (18/1/2023).

Pasalnya, dari pantauan media koranpatrolixp.com dilokasi pekerjaan pendopo itu, ada tiga tahap anggaran untuk proses pembangunan, tahap pertama untuk pekerjaan pondasi dengan luasan 10×10 m menelan anggaran sebesar 100 Juta, sedangkan tahap kedua untuk pekerjaan kolom struktur menelan anggaran sebesar 75 juta.

Untuk tahun 2022, Pemerintah Desa (Pemdes) Balongbesuk melanjutkan tahap 3, memprioritaskan pekerjaan ring beton struktur dan rangka atap pendopo yang terbuat dari bahan besi Wide Flange (WF) dan Canal C, tetapi nilai anggaran yang dialokasikan sebesar 100 Juta diduga tak sesuai volume pekerjaan yang dilaksanakan.

Yang menjadikan sorotan publik, nilai 100 Juta hanya untuk pekerjaan rangka atap bobot utamanya, dan ring beton. perihal itu diungkapkan oleh narasumber notabene pemerhati jasa konstruksi, saat dimintai keterangan media koranpatrolixp.com. Rabu (18/1/2023). Dirinya menjelaskan.

“Sudah jelas sekali, item pekerjaan yang dilaksanakan oleh Pemdes Balongbesuk, yaitu kolom beton setinggi 1m sebanyak 12 kolom, serta ring beton keliling 10x10m, dan pekerjaan utama rangka atap dari baja WF dan gording besi Canal C, kok sampai menghabiskan seratus juta” ungkapnya.

Yang jadi pertanyaan, sambung penuturannya, perhitungan estimasi dalam rincian RAB yang dibuat oleh pihak perencana mengacu harga satuan apa, sehingga item pekerjaan itu sampai menghabiskan nilai anggaran sejumlah itu, (100 Juta).

Menurutnya, lebih lanjut penuturan pemerhati jasa konstruksi, “Sangat tidak masuk akal sekali, besar anggaran itu hanya untuk tiga item pekerjaan yang volume per item sudah diketahui, hal itu patut dipertanyakan terkait perencanaannya, dan kuat dugaan kalau total nilai itu jadi ajang Bancakan oknum yang terlibat” bebernya.

Jika dihitung secara detail, tandasnya, kolom beton peninggian jumlah kubikasi yang dikerjakan yaitu 1,47 m3, pekerjaan ring beton volumenya 2,96 m3, sedangkan kuda kuda baja WF ukuran 150 berkisar 475 kg, untuk Jurai dan pedestal volumenya berkisar 336 kg,sedangkan kuda kuda dan gording Canal C bobotnya 5.013,50 kg.

Masih kata pemerhati jasa konstruksi, “Sudah diketahui perkiraan volume yang dikerjakan, dan diketahui pula dalam analisa harga satuan (HSPK) tahun 2022, untuk pekerjaan pemasangan rangka kuda kuda baja WF per 1 kg harganya 34.316 sedangkan untuk fabrikasi baja perakitan per 100 kg harga satuannya 42.406,25. Berapa harga yang dibuat oleh perencana desa Balongbesuk” tanya sumber.

Dari penuturan narasumber lain, juga mengatakan perihal pekerjaan pendopo balai desa Balongbesuk, dan dirinya mengatakan saat dimintai keterangan tim media. “Iya buk, setahu saya pekerjaan atap pendopo itu sudah ada tiga bulan selesainya” katanya. Rabu siang (18/1/2023).

Ditanya, apakah dikerjakan orang Balongbesuk, dia juga membeberkan, “Kalau saya lihat bukan orang sini buk, kalau orang sini jelas saya kenal, kelihatannya orang dari daerah luar.” ujarnya.

Perlu diketahui, selain dugaan pekerjaan yang tidak sesuai antara anggaran yang dialokasikan dengan volume pekerjaan tak seimbang, pihak Pemdes Balongbesuk juga tertutup terkait keterangan proyek, diketahui dilokasi tidak adanya papan proyek.

Dari keterangan pemerhati jasa konstruksi serta narasumber yang ditemui tidak jauh dari lokasi pekerjaan, atas dugaan tak sesuai itu, tim media berupaya menggali keterangan atas kejanggalan itu kepada Kepala Desa (Kades) Balongbesuk Mochamad Saifur via selular. Rabu siang (18/1/2023).

“Iya betul, nilai total anggaran pekerjaan atap pendopo balai desa itu sebesar 100 Juta, sumber anggaran dari BK TA. 2022, dari Dewan Demokrat Gus Sentot.” jawab Kades Saifur.

Disinggung, atas dugaan bahwa nilai anggaran 100 Juta kok hanya rangka atap saja yang dikerjakan, Lebih lanjut Kades mengatakan, “Ya kalau tidak percaya anggaran segitu untuk pekerjaan rangka atap, coba sampeyan (anda) hitung ulang to.” pungkas Kades. (hdk).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses