LEMBAGA ADAT SOAR PITO SOAR PA MENOLAK AKTIFITAS PT . ORMAT GEOTHERMAL SERTA CV BUMI NAMROLE DIWILAYAH KERAMAT AIR PANAS WAMKEDAN DAN SEKITARNYA

Buru – www.koranpatroli.com

Sehubungan dengan adanya eksplorasi panas bumi terbarukan oleh *PT. Ormat Geothermal* yang bekerja sama dengan *CV. Bumi Namrole,* di wilayah adat Titar Pito oleh sebab itu kami Keluarga Besar Behuku terlebih khusus keluarga besar Kepala Soa Matlea Gewagit (Behuku) Titar Pito yang memiliki hak milik wilayah adat Titar Pito (Ahli Waris) dalam tatanan Wilayah Adat SOAR PITO SOAR PA di Bumi Bipolo. 31 / 08 / 2022

*Tuntutan:*

1. Bahwa menolak aktivitas apapun di Wilayah Adat Titar Pito, termasuk eksplorasi panas bumi dan lain-lain, tanpa sepengatahuan Kepala Soa Matlea Gewagit Titar Pito _(Ahli Waris)_ dan lembaga SOAR PITO SOAR PA Petuanan Kayeli.

2. Bahwa lokasi eksplorasi panas bumi yang disasar oleh *PT. Ormat Geothermal* dan *CV. Bumi Namrole* merupakan tempat sakral (tempat keramat) dari suku Gewagit (Behuku) Oleh sebab itu surat penolakan ini dilayangkan.

3. Mengutuk keras Tindakan *PT. Ormat Geothermal* karena diduga melakukan penyerobotan lahan dan beroperasi tanpa izin pemilik lahan.

Andi Latbual tokoh pemuda adat Soar Pito Soar Pa kepada media ini saat diwawancarai dikediamannya mengatakan ” Beta selaku pemuda adat Soar Pito Soar Pa sangat mendukung program pemerintah yang masuk ke pulau buru tetapi saya minta jangan lagi kegiatan ini dilokasi air panas didesa wafsalit krn lokasi tersebut sangat sakral bagi kami masyarakat adat di wilayah Soar Pito Soar Pa sudah sejak nenek moyang kami .

Beta juga meminta kepada Presiden RI JokoWidodo agar supaya sesegera mungkin menghentikan aktifitas tersebut karna sudah ada beberapa perusahan listrik negara (persero) Seperti PLN dinametek Namlea dan sementara menunggu terselesainya Bendungan Waeapo dengan kapasitas KWH yang sangat besar untuk melayani dua Kabupaten yang berada pulau buru ini . Oleh karna itu dengan beberapa tuntutan ini harus direspon baik oleh Presiden RI JokoWidodo

Sebap Perusahan listrik negara ( PERSERO ) dalam hal ini telah memutuskan tidak mengambil penugasan wilayah panas Bumi Wafsalit diburu maluku berkafasitas 5 Mega Watt ( MW ) setelah mengevaluasi hasil kajian konsultan , kendati dari potensi kelistrikan wilayah itu cukup kuat akan tetapi merupakan Volcano tua , dan tempat sakral turun temurun . Lalu kenapa PT ORMAT GEOTHERMAL dan CV BUMI NAMROLE tetap saja melakukan aktifitas diwilayah tersebut tambah Andi Latbual (*)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses