Jalan Usaha Tani Desa Perak Jombang, Sangat Penting Untuk Akses Kelancaran Panen Petani.

 

 

 

 

 

 

 

 

Jombang_www.koranpatrolixp.com

Pemerintah Desa (Pemdes) Perak kecamatan perak kabupaten Jombang Jawa timur, sukses melaksanakan infrastruktur berupa pembangunan jalan usaha tani (JUT), sebab prioritas pembangunan jalan tersebut fungsi utamanya untuk membantu memperlancar hasil panen maupun menyuplai kebutuhan sawah seperti angkut pupuk maupun bibit tanaman.

Selain berfungsi untuk akses jalan menjadi lancar, dari adanya JUT tersebut bisa mengurangi biaya transportasi kebutuhan sawah menjadi sedikit, perihal itu dikatakan oleh salah satu petani desa perak yaitu Priyanto, dirinya merasa terbantukan terbangunannya JUT itu.

“Alhamdulillah dengan adanya jalan cor beton itu, biaya angkut panen saya menjadi berkurang, selisihnya hampir mencapai jutaan rupiah mas.” ujarnya kepada media koranpatroli ketika diwawancarai. Senin (6/11/2023).

Sebelum jalan cor ini dibangun, dulunya berupa jalan tanah biasa, bahkan disaat musim hujan datang lebih lanjut Priyanto mengatakan, jalan tanah itu sulit dilewati dikarenakan tanahnya becek dan berlumpur, akan tetapi ditahun ini pihak Pemerintah Desa merealisasikan jalan ini menjadi bagus.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemdes Perak sudah memprioritaskan jalan sawah yang sangat vital bagi petani, terutama saya.” ungkapnya.

Hasil panen saya ditahun ini sangat meningkat, itu dikarenakan akses jalannya mudah dilalui, tandas Priyanto menambahkan, bahkan untuk membawa Alsintan (Alat Pertanian) juga mudah sekali.

“Tidak kuatir lagi merusak jalan atau bahkan merusak saluran irigasi disamping kanan kiri jalan, sebab jalan cor ini kuat sekali,” jelasnya.

Dirinya berharap, mudah – mudahan di tahun selanjutnya pihak Pemdes perak tetap merencanakan JUT yang menyambung jalan tersebut. “Kalau tidak salah, menurut perkiraan saya, jalan sawah kelanjutannya ini panjang yang belum di cor kurang lebih sekitar 120 meter. Semoga di tahun 2024, jalan itu masuk dalam rencana pembangunan desa, jika hal itu terlaksana, petani sangat bersyukur.” harap Priyanto sambil memungkasi apa yang dikatakan.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Perak Ubaidillah Amin dikonfirmasi terpisah mengatakan, bahwa Jalan Usaha Tani itu memang masuk prioritas rencana pembangunan desa yang sebelumnya sudah dibahas pada Musdes bulan sebelumnya.

“Dan harapan dari banyak petani, berkeinginan jika akses jalan tersebut dilakukan pembangunan, dan alhamdulillah sudah kami bangun berupa jalan cor beton bertulang,” kata Kades. Senin (6/11/2023).

Untuk JUT tersebut bersumber dari anggaran Jombang Berkadang (berkarakter dan berdaya saing) tahun 2023, sedangkan nilai yang dikucurkan untuk pembangunan senilai Rp.90.000.000 (sembilan puluh juta rupiah), jenis pekerjaan berupa jalan rabat beton,” terangnya.

Lebih detail Kades mengatakan, untuk volume pekerjaan jalan itu sepanjang 113 meter dan lebar 3,40 meter.

“Terletak di dusun Perak RT.001 / RW.005 desa perak, dan Alhamdulillah pihak desa disaat proses pengerjaan dibantu oleh Tim Pelaksana Kegiatan, semuanya warga desa perak.” imbuhnya.

Dari terbangunnya jalan usaha tani itu, saya berpesan kepada semua masyarakat maupun petani, supaya bersama – sama menjaga dan memelihara jalan itu.

“Karena jalan itu sangat vital untuk menambahkan angka surplus ketahanan pangan Indonesia, karena diarea sawah itu satu – satunya lahan aktif yang ada di desa perak, kondisi tanahnya subur dan setiap kali panen hasilnya sangat memuaskan,” pungkas Kades.

Reporter : (hdk)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses