HADIR DALAM FINAL LOMBA SEKOLAH BERMARTABAT . PANCASILA KANG MARHEN KETUA DPRD TATIT KOMNASDIK DAN STAKEHOLDER DI GRAHA Adyatama nganjuk

nganjuk – www.koranpatrolixp.com

Pengamalan Pancasila sebagai pedoman perilaku dalam kehidupan sehari-hari menjadi sangat penting untuk diwujudkan. Untuk itu perlu dilakukan terobosan-terobosan nyata mengamalkan Pancasila dalam kehidupan individu, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Peran dunia pendidikan sangat strategis untuk menjadi pelopor dalam mewujudkan Pancasila sebagai working ideology, yang selanjutnya memandu pelaksanaan Pancasila dengan tetap berpegang teguh pada ajaran agamanya sesuai dengan amanah Pasal 29 UUD 1945. 

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Nganjuk bersama Komnasdik Nganjuk dan stakeholder terkait menggelar lomba Sekolah Bermartabat Pancasila tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Nganjuk. 

Lomba Sekolah Bermartabat Pancasila ini sudah mencapai tahap final dengan menyisakan empat sekolah terbaik, diantaranya SMAN 1 tanjunganom, SMK Kosgoro, SMAN 2 Nganjuk, dan SMAN 3 Nganjuk. 

Sebelumnya, lomba Sekolah Bermartabat Pancasila ini diikuti oleh puluhan sekolah jenjang SMA/SMK/MA sederajat di Kabupaten Nganjuk.

Gelaran pembukaan final lomba Sekolah Bermartabat Pancasila di SMAN 2 Nganjuk

Sambutan Ketua panitia Sekolah Bermartabat Pancasila Dijelaskan Sudjito, ketua panitia lomba Sekolah Bermartabat Pancasila Kabupaten Nganjuk, gelaran lomba tersebut merupakan yang pertama kali digelar dalam jenjang pendidikan di Indonesia.

Tujuannya adalah untuk menggaungkan kambali nilai-nilai Pancasila dalam dunia pendidikan, kata Sudjito yang juga sebagai ketua Komnasdik Nganjuk di SMAN 2 nganjuk, Rabu (12/10/2022). 
Sementara indikator penilaian dalam lomba tersebut diantaranya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas dari guru dan siswa-siwinya, juga lingkungan sekolah.

Kalau memang nilai-nilai Pancasila sudah terintegrasi dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), kami rasa ini akan mudah untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila, pungkasnya. 

Sambutan Plt. Bupati Nganjuk Sementara itu, Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dalam sambutannya menyampaikan  bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi Pemkab Nganjuk dengan stakeholder terkait dalam menghadapi tantangan zaman.

Kita bersama-sama dengan Komnasdik Nganjuk, Kepala Dinas Cabang Pendidikan Nganjuk, dan Jejaring Pancamandala Anjuk Ladang untuk kembali mengenalkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan individu, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, tutur Kang Marhaen sapaan akrab Plt. Bupati Nganjuk. 

Lebih lanjut, Kang Marhaen mengajak kepada masyarakat Kabupaten Nganjuk termasuk pelajar dan tenaga pendidik untuk bersama-sama menjaga lingkungan Kabupaten Nganjuk agar terhindar dari paham radikalisme.

Yuk, mari bersama-sama lawan radikalisme. Mari kita satukan keberagaman dan ciptakan kebersamaan, pungkas Kang Marhaen. 

Untuk diketahui, final lomba Sekolah Bermartabat Pancasila yang digelar di SMAN 2 Nganjuk ini turut dihadiri oleh Ketua DPRDi Kabupaten Nganjuk Tatitu Heru Tjahjono, Kepala Kejaksaan Negeri Nganjuk Nophy Tenno Phero South, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Edi Sukarno, dan dinas opd . terkaid. ( red koh ,)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses