Gelar Mega Bazzar Di Jombang, Organisasi PKL Ajak Pemerintah Tumbuhkan Ekonomi Kreatif.

Jombang – www.koranpatrolixp.com

Mega Bazzar yang digelar oleh organisasi PKL Spekal (serikat pedagang kaki lima) Jombang, bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif bagi UMKM yang ada di kota santri, tak tanggung – tanggung, Mega Bazzar tersebut digelar selama beberapa hari, dimulai buka tanggal 12 November tepat Sabtu malam Minggu dan ditutup pada tanggal 26 November 2022, Sabtu depan.

Mega Bazzar tersebut dihelat, bertempat di lapangan Pulo lor, Desa Pulo kecamatan / kabupaten Jombang Jawa timur, beberapa hari kedepan, lapangan Pulo lor tampak cantik dan meriah, hal itu terlihat dari hiasan lampu dan pernak pernik menghiasi hampir dari keseluruhan lapan tersebut. Sabtu (12/11/2022).

Puluhan tenda atau lapak juga berdiri rapi, disamping itu warnanya juga dominan warna putih, senada dengan tenda yang ditempati para pelaku UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) yang mengikuti acara Bazzar.

Lapangan Pulo dipercantik sedemikian rupa, bertujuan untuk menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, mereka datang silih berganti, anak anak, remaja, orang tua, untuk datang ke Mega Bazzar yang baru dibuka, selain untuk berbelanja di tenda UMKM, Bazzar tersebut bisa menjadi wahana bermain bagi anak kecil, dan itu disediakan disana, layaknya sebuah pasar malam.

Pembukaan Bazzar berlangsung sangat meriah, para pengunjung disuguhi aneka hiburan, mulai dari pentas seni kuda lumping hingga pertunjukkan pentas seni kekinian, pada pelaku UMKM juga menjual aneka kebutuhan, dari makanan dan minuman sampai aneka kerajinan, semua tersedia dan harga juga tidak menguras isi dompet.

Camat Jombang Sudiro Setiono juga hadir saat pembukaan Bazzar UMKM tersebut, dan dirinya memberikan apresiasi kepada FRMJ (forum rembug masyarakat Jombang) dan Spekal, yang sukses menggelar bazar selama hampir dua Minggu kedepan, “ini akan memberikan efek dan motifasi yang bagus bagi para PKL dan UMKM di kabupaten Jombang, bisa membangkitkan dan mendorong ekonomi lebih baik lagi” tutur Camat Jombang.

Selain camat Jombang, apresiasi senada juga disampaikan Kepala Desa (Kades) Kepatihan Erwin Pribadi, salah satu kades yang hadir dalam pembukaan Bazzar UMKM, ia mengatakan bahwa digelarnya Bazzar dilapangan Pulo lor, bisa membantu perekonomian PKL dan UMKM, serta warga sekitar, “Bazzar yang digelar Spekal Jombang, melibatkan UMKM yang ada di desa – desa, dan UMKM bisa menjadi benteng yang kokoh untuk melawan krisis” ucap Kades Erwin.

Sementara itu, Ketua Spekal Jombang Joko Fattah Rochim juga mengungkapkan, bahwa pedangang kaki lima (PKL) merupakan penggerak ekomoni paling depan, namun sayangnya, selama ini mereka cenderung terpinggirkan, padahal sektor informal ini membutuhkan dukungan besar dari berbagai pihak.

Dukungan tersebut, bia berupa bantuan nyata, semisal permodalan maupun aturan yang melindungi para PKL, “ini sangat penting, karena PKL juga memberikan kontribusi lewat pajak daerah, mereka akan menjadi penggerak ekonomi, jika diperhatikan dengan baik, tentu saja butuh sinergitas pemerintah” ujar Fattah.

Dengan demikian, bagaimana dengan Bazzar UMKM kreatif yang digelar saat ini dilapangan Pulo lor, Lanjut penyampaian Fattah, bahwa Bazzar tersebut murni kemandirian dari para PKL, itu artinya, acara tersebut tidak ada sumbangsih apapun dari Pemerintah Daerah, “ini murni kemandirian kami dalam mendorong tumbuhnya sektor ekonomi yang lebih baik lagi” pungkas Fattah. (hdk).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses