FRMJ Bersama Warga Terdampak Abrasi Sungai Catak Banteng Mojoagung, Unjuk Rasa Ke BBWS dan DPRD Jombang.

 

 

 

 

 

 

 

Jombang, www.koranpatrolixp.com

LSM Forum Rembuk Masyarakat Jombang (FRMJ) gelar aksi unjuk rasa bersama warga Desa Kademangan yang terdampak langsung banjir dan abrasi. Aksi unjuk rasa menuju ke kantor BBWS Jombang dan DPRD Jombang, Kamis (28/3/2024).

 

Kedatangan massa dari masyarakat desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Jombang yang terdampak langsung bersama FRMJ ini untuk menyampaikan beberapa tuntutan dan aspirasi.

 

Joko Fattah Rochim koordinator aksi mengatakan bahwa pihaknya meminta BBWS Jombang dan DPRD Jombang untuk memberikan solusi terhadap problematika yang dihadapi oleh warga bantaran sungai dusun Kebondalem Desa Kademangan yang mana rumah serta tanah mereka hanyut karena banjir dan abrasi.

 

“Kami disini bersama warga yang terdampak langsung meminta kepastian upaya penanganan perbaikan tebing pinggir sungai Catak Banteng yang longsor. Warga resah dengan kondisi tebing yang sudah makan bagian dari pekarangan warga. Kita minta penanganan segera,” kata Fattah saat orasi.

 

Terlihat massa membawa membawa bantal, guling dan alas tidur sebagai bentuk protes lambatnya penanganan dari pemerintah. Dan berbagai tulisan aspirasi mereka seperti:

* Kami tidak butuh bantuan, kami butuh penyelesaian Desa Kademangan.

*Rumah kami sudah banyak yang longsor hanyut ke sungai, kapan ditindak lanjuti pak? Desa Kademangan

*Tolong perhatikan keselamatan kami !!!! Warga bantaran sungai dusun Kebondalem…!

 

Koordinator aksi dan perwakilan warga terdampak di ajak diskusi menyampaikan aspirasi ke dalam halaman kantor bbws dan diterima oleh tiga orang perwakilan bbws Jombang.

 

“Bapak ibu menyampaikan aspirasi telah kami terima nantinya akan kami sampaikan kepada atasan kami. Aspirasi bapak ibu tetap kami tampung semoga aspirasi bapak ibu akan segera mendapatkan solusi yang terbaik,” kata Fani Perwakilan BBWS.

 

Lanjut Joko yang juga salah satu perwakilan BBWS menyampaikan,

“semua data-data dan aspirasi warga hari langsung ini akan kami sampaikan ke atasan kami dan dokumentasi aksi telah kami kirimkan juga, Insyallah nanti aspirasi itu tetap akan kami usahakan solusinya” , ungkap Joko.

 

 

Aksi massa melanjutkan aksinya ke kantor DPRD Jombang. Perwakilan anggota Komisi C DPRD Jombang yang biasa di sapa Eyang Subur didampingi Sekretaris Dewan (Sekwan) Bambang Sriyadi menemui pendemo dan berjanji akan menindak lanjuti tuntutan pendemo.

 

“Kita koordinasikan, kita selesaikan untuk kedepannya,” kata Subur kepada wartawan usai kegiatan Demonstrasi.

 

Subur mengaku saat kunjungan memang telah terjadi kondisi tebing sungai terkena gerusan air banjir, bisa dibilang longsor.

 

“Memang kondisi tebing tanah berkurang kena benturan banjir. Kita koordinasikan sesuai dengan kewenangan masing – masing. BBWS, Perkim, PUPR kita selesaikan lewat sana,” pungkasnya. (Hdk)

 

Editor : Septi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses