Dana Pemasang PJU Dusun Nglerep Desa Kwaron Diwek Dipertanyakan Sumber Anggarannya.

Jombang – www.koranpatrolixp.com

Terkait pemasangan asset desa berupa pasang tiang PJU (Penerangan Jalan Umum) yang terletak di Dusun Nglerep Desa Kwaron Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Jawa Timur, diduga Kades Kwaron tidak transparan pada sumber dana yang dialokasikan untuk item pekerjaan tersebut.

“Lampu jalan Dusun Nglerep itu dibiayai dari hasil tanah ganjaran desa, jadi otomatis anggarannya dari desa Kwaron” tutur narasumber ibu – ibu saat dimintai keterangan, hanya saja dirinya berpesan, supaya namanya tidak disebut dalam pemberitaan. Selasa (8/11/2022).

Saat ditanya, apakah pemasangan penerangan jalan umum itu bersumber dari uang pribadi Kepala Dusun (Kasun) Nglerep, “Wah ya gak mungkin mas, uang pribadi Kepala Dusun, yang jelas itu uang ganjaran desa, tapi yang melaksanakan pemasangan pak Kasun Joko Sampurono” ujarnya.

Yang dipasang PJU itu, lanjut penuturan narasumber, seluruh jalan yang ada di dusun nglerep, ada dua ruas gang dan jalan poros penghubung dusun nglerep dengan desa keras diwek, kalau tidak salah berjumlah kurang lebih ada tiga puluh tiang PJU.

“Setahu saya uang untuk pasang semua PJU bukan uang pribadi Kasun Nglerep, melainkan uang hasil ganjaran (bengkok) desa, tapi lebih jelasnya coba tanya ke pak Kasun atau pak kades, mas” imbuhnya.

Dihari sebelumnya, Hal bahwa pemasangan tiang PJU itu memakai uang pribadi kasun nglerep, diutarakan oleh Kades Kwaron Wiji saat dikonfirmasi awak media koranpatrolixp.com, terkait sumber dana pasang tiang PJU yang berjumlah puluhan titik itu. Senin (7/11/2022).

“Tiang PJU yang dipasang di dusun nglerep itu, bersumber dari dana pribadi dari Kasun Nglerep mas hendrik” kata Kades saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp-nya.

Selanjutnya, saat disinggung dari keterangan narasumber yang didapat, yang juga warga dusun nglerep, menjelaskan bahwa anggaran untuk pemasangan tiang PJU tersebut dari hasil tanah ganjaran desa.

“Tanah ganjaran sudah masuk PAD mas, Kepala Dusun Nglerep kan pengembang kaplingan, dan untuk pasang PJU tersebut dari hasil pengembangan kaplingan, dan diaplikasikan ke pasang PJU” kata Kades.

Pemasangan PJU dusun nglerep desa kwaron masih belum ada kejelasan dari Kasun Nglerep sebagai donatur yaitu Kasun Joko Santoso, tetapi kejelasan pada anggaran yang dipertanyakan terus diupayakan kejelasannya. (hdk).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses