Dam Karet Di Jombang, Cocok Buat Refreshing Dan Bagus Untuk Spot Foto

Jombang – www.koranpatrolixp.com

Bendungan karet, atau biasa warga setempat menyebutnya Dam Karet ini terletak di Desa Jatimlerek Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang Jawa Timur, awal dari rencana dibangunnya bendungan itu, diperuntukkan sebagai penahan air brantas, sehingga membuat permukaan air sungai menjadi naik, terutama pada musim kemarau.

Selain itu, berfungsi untuk mengairi sawah disekitar aliran bendungan, sehingga meningkatkan hasil pertanian warga sekitar. Ditempat ini, (Bendungan Karet), bisa melihat pemandangan yang sangat menarik, selain nampak view bendungan cukup indah, melihat debit air bergerak dan mendengarkan gemuruh arus air brantas membuat hati tenang dan nyaman.

Namun dengan banyaknya pengunjung, lama kelamaan bendungan karet ini juga menjadi obyek wisata yang sering didatangi oleh warga lokal di Jombang. Yang paling ditunggu pengunjung bendungan, saat momen matahari tenggelam, panorama sunset itulah yang membuat pengunjung lebih lama berada di tempat itu. Tunggu apalagi, Yuk datang ke bendungan (Dam) karet di Jombang.

“Pemandangan Dam karet itu cukup indah, tempatnya juga nyaman buat spot foto serta cocok untuk piknik, refreshing dan jogging, areanya luas banget dan ada lapangannya juga, piknik tipis tipis saya sering kesini.” ungkap Santi, salah satu pengunjung Dam Karet dari Sidoarjo, saat ditemui media. Minggu (22/1/2023).

Tempatnya menyenangkan, serta piknik murah meriah, tak butuh biaya banyak untuk rekreasi, namun sayangnya parkir untuk mobil yang dari arah ploso Jombang, parkir untuk mobil kurang luas, sedangkan dari arah sudimoro Megaluh, info dari masyarakat, untuk mobil tidak bisa parkir dekat bendungan karet.

Masih kata Santi, Kalau mau dikelola dengan baik, rasanya tempat disini menyenangkan buat Refreshing, sayang akses kurang terawat, padahal sejuk sekali hawanya, dan paling susah tidak ada penjual, sehingga kalau pengen makanan beli agak jauh dari bendungan itu, itu penyebab orang malas datang untuk refreshing ke bendungan tersebut.

“Masih perlu pengembangan untuk mengoptimalkan fungsi lain yaitu tempat rekreasi, disamping fungsi utama sebagai bendungan (Dam), potensi besar untuk arena Outbond, taman rekreasi keluarga. Semua butuh peran aktif Pemerintah Daerah untuk merubahnya, bisa juga menggandeng Pihak Swasta dan warga sekitar untuk pengelolaan.” kata Santi.

Cocok juga untuk wisata Edukasi bagi anak anak TK maupun PAUD, sambung Santi, menambah wawasan serta ilmu bagi anak usia Dini untuk mengenal fungsi bendungan dan irigasi, tapi juga ditempat ini harus extra hati hati, sebab, dilokasi belum maksimal pengamanannya. Karena bendungan karet itu bukan tempat resmi wisata, harus jaga keselamatan.

Sementara itu, Ainun warga Desa Sudimoro kecamatan Megaluh, berharap supaya bendungan (Dam) Karet itu mendapatkan perhatian Pemerintah Kabupaten Jombang, supaya bisa menjadikan tempat wisata dan rekreasi keluarga, dan masyarakat setempat juga bisa ikut mengelola, dan ada pemasukan penghasilan tambahan untuk warga sekitar bendungan.

“Dam (bendungan) karet itu jarang diketahui orang dari daerah luar Jombang, sebagai Warga Jombang, patut berbangga karena Kota Santri memiliki bendungan karet, untuk itu, masyarakat berharap, agar bendungan itu dijadikan wisata rekreasi, dan warga juga bisa ikut mengelola, bisa mendapatkan penghasilan seperti berjualan makanan dan minuman ataupun parkir” harap Ainun.

Bagi masyarakat yang belum melihat, sungguh disayangkan sekali, tambah penuturan Ainun, tidak menikmati serta mengetahui teknologi yang sudah diterapkan di negara kita, utamanya bagi masyarakat Jawa Timur, “Karena bendungan (Dam) karet yang berada di Desa Jatimlerek itu, sangat mengagumkan sekali, cocok untuk wana wisata dan bagus juga untuk spot foto / selfie bersama keluarga maupun teman.” pungkasnya. (wdynti).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses