Bersama Aktivis Peduli Lingkungan, Kades Kedunglumpang Mojoagung Tanam Puluhan Bibit Kluwih Dan Trembesi

Jombang – www.koranpatrolixp.com

Puluhan anggota aktivis peduli lingkungan, Mantri Perhutani bersama Kepala Desa (Kades) Kedunglumpang Juprianto, melakukan giat acara penanaman puluhan bibit tanaman jenis Kluwih dan jenis tanaman trembesi dikawasan sumber air hutan.

Dalam giat tersebut, diawali pada pukul 09.00 WIB sampai dengan giat selesai, di RPH Gedangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, serta dilakukan penanaman beberapa jenis bibit tanaman trembesi dan jenis bibit tanaman Kluwih diarea tersebut. Minggu (18/12/2022).

Kades Kedunglumpang Juprianto, “Dengan ditanamnya kembali puluhan bibit jenis tanaman Kluwih dan bibit jenis tanaman trembesi, pelepasan bibit ikan serta burung, bisa menjadikan hutan yang berada di RPH Gedangan semakin baik” tutur Juprianto saat memberikan sedikit wawasan.

Selain penanaman puluhan bibit itu, sambung Juprianto, sumber mata air yang berada dikawasan hutan RPH Gedangan, bisa dijadikan mata air yang vital bagi masyarakat sekitar, khususnya untuk mengairi sawah warga maupun untuk sumber air minum, terlebih dimanfaatkan oleh warga sekitar ada 85 KK.

Menurutnya, lebih lanjut penyampaian Kades Kedunglumpang, “Penanaman kembali puluhan bibit itu dilakukan penghijauan kembali agar alam menjadi hijau dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya hutan tersebut, dan bisa dimanfaatkan oleh warga sebanyak 85 KK, pelestarian hutan harus kita jaga bersama.” tandasnya.

Saya juga ucapkan terima kasih (kades -red), kepada seluruh anggota aktivis peduli lingkungan, yang mempunyai program tersebut, supaya tanaman dihutan RPH Gedangan memiliki fungsi sebagai penyimpan cadangan air, pelindung manusia dan juga aneka satwa yang ada, baik burung maupun ikan juga.

“Disamping itu, kita juga bisa mengajarkan dan memberikan pemahaman kepada anak kita arti dan pentingnya menjaga hutan agar tetap asri, dan bisa menjadikan lingkungan sejuk dan menjaga sumber air tidak berkurang, bahkan debit air menjadi bertambah” Juprianto memungkasi.

Turut hadir dalam acara giat penanaman bibit trembesi dan Kluwih itu, ketua Aktivis Peduli lingkungan, anggota serta Srikandi aktivis peduli lingkungan, Mantri Perhutani Agus, Kades Kedunglumpang Juprianto, Tokoh Masyarakat serta anak anak yang mengikuti acara giat tersebut.

Pada penghujung acara, dilakukan penanaman bibit Kluwih yang ditancapkan oleh Kades Juprianto secara simbolis, serta di ikuti beberapa anggota aktivis peduli lingkungan untuk melanjutkan puluhan bibit yang belum tertanam dan pelepasan bibit ikan, sembari diabadikan dengan dokumentasi via foto. (wdynti).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses