Sapi Mati Lahan Tani Rusak Unras Masyarakat Desa Maen Tuntut PT.MSM

 

Likupang|Patrolisulut.com – Pada hari selasa tanggal 10 Oktober 2023 Pukul 06.00 Wita, Bertempat di Perempatan Desa Maen jaga II dan III Kec. Likupang Timur Kab. Minahasa Utara telah terjadi Aksi Unjuk Rasa dari masyarakat Desa Maen dan Ormas Kongres Aliansi Serikat Buruh indonesia (KASBI) terhadap PT MSM/TTN Dalam bentuk penghadangan kendaraan karyawan PT.MSM/TTN, dengan Korlap Bpk. Jetmon Nalang S.Sos, C. ME. Ketua DPW KASBI Provinsi Sulawesi Utara dan Bpk. Mahadur Pamatua. Terpantau oleh awak media jumlah masa kurang lebih 50 Orang.

Aksi unras Masyarakat hari ini sangat kondusif tentunya ikut hadir dalam pengamanan Polsek dan Koramil 1310-03 Likupang serta koordinasi dengan Polres Minahasa Utara, Kasat Intel dan Kasat Reskrim yang sebelumnya sudah mendapatkan pemberitahuan tentang aksi unras hari ini.

Kegiatan aksi unras ini terjadi di Perempatan Desa Maen jaga II dan III Kec. Likupang Timur Kab. Minahasa utara dengan Inti tuntutan Masyarakat Desa Maen Sebagai Berikut :

1. Masyarakat Desa maen menolak adanya pembuangan air panas dan air asin ke Daerah Aliran Sungai (DAS) Desa Maen yang berdampak matinya 70 ekor sapi dan persawahan irigasi Masyarakat tidak berproduksi selama 8 (delapan) tahun dan mengancam nyawa bagi manusia.

2. Masyarakat Desa Maen menuntut ganti rugi atas tidak produktif lagi persawahan irigasi yang sudah selama 8(delapan) tahun dan tidak lagi bercocok tanam yang berakibat Masyarakat Desa Maen kehilangan Nafkah Hidup.

Kegiatan aksi unjuk rasa damai di karenakan Masyarakat merasa selama ini dirugikan dan belum ada tindakan serius dari pihak perusahaan PT MSM/TTN untuk mengatasi permasalahan yang telah terjadi.

Pada Pukul 11.30 Wita, Masa Aksi membubarkan diri dan kendaraan yang digunakan PT.MSM/TTN untuk mengangkut karyawan yang sebelumnya akses ini ditutup sudah bisa persilakan oleh masa aksi untuk melewati jalur. Rencananya masyakarat dan Pihak PT. MSM/TTN akan melakukan pertemuan pada tanggal 11 Oktober 2023 Pukul 10.00 Wita untuk menindaklanjuti poin tuntutan kegiatan unras hari ini.
Sampai berita ini di turunkan pihak perusahaan pertambangan emas PT MSM/TTN engan mengkonfirmasi pada awak madia Patroli Sulut.

MJN Patroli SULUT.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses