Pemdes Kedunglumpang Mojoagung Sukses Laksanakan Pembangunan Jalan Paving, Bersumber Dari Silpa.

 

Jombang, www.koranpatrolixp.com

Pemerintah Desa (Pemdes) Kedunglumpang kecamatan Mojoagung kabupaten Jombang Jawa timur, sukses selesaikan dan sudah merealisasikan infrastruktur fisik pada pembangunan jalan paving lingkungan.

Adapun pembangunan jalan paving tersebut, bersumber dari Dana Desa (DD) Silpa dari anggaran Covid 19 sebesar 8 persen, sedangkan nilai anggaran yang dialokasikan sebesar Rp. 95.090.000 (sembilan puluh lima juta sembilan puluh ribu rupiah) dilaksanakan oleh TPK desa di tahun 2023.

Kepala Desa (Kades) Kedunglumpang Juprianto mengatakan, pemeliharaan jalan desa untuk pembangunan jalan paving lingkungan itu bersumber dari Silpa tahun 2022. “Lokasi pekerjaan berada di RT.02 / RW.04, dengan volume yang sudah direalisasikan 188m x 2,7m. Dan Alhamdulillah selesai tepat waktu pada pelaksanaannya.” tutur Kades kepada media koranpatrolixp.com. Jum’at (3/3/2023).

Untuk bangunan jalan paving itu sendiri, sambung penuturan Kades, murni dikerjakan oleh warga lokal yaitu masyarakat desa Kedunglumpang. “Selain untuk pemberdayaan masyarakat setempat, juga bisa memberikan pekerjaan bagi warga yang punya keahlian dibidang bangunan.” tambahnya.

Lebih lanjut Kades, dengan sistem swakelola seperti ini, tandasnya. “Bisa membantu perekonomian warga, dan terpenting, dengan adanya jalan paving tersebut, masyarakat lebih mudah membawa hasil panen ke pusat pasar maupun dalam hal transportasi pengiriman.” ujar Kades.

Sementara itu, Ketua TPK Amri juga menambahkan, selain jalan paving tersebut mempermudah akses untuk memperlancar perekonomian warga, dulunya jalan tersebut sulit dilalui, disebabkan jalan diruas itu sangat becek dan berlumpur.

“Alhamdulillah dengan terealisasinya jalan paving di desa Kedunglumpang tersebut, masyarakat lebih nyaman untuk melewatinya, dan selesainya pekerjaan itu atas sumbang sih dari warga mau guyup rukun membangun jalan desa, toh jalan tersebut difungsikan bersama – sama.” kata Ketua TPK kepada media koranpatrolixp.com. Jum’at (3/3/2023).

Masih Ketua TPK Amri, saya berharap, kedepan masyarakat desa Kedunglumpang khususnya, mau bersama sama menjaga dan memelihara jalan paving itu. “Semuanya itu kita yang harus merawatnya, disamping menjadi asset Desa, jalan paving tersebut dibiayai yang negara, sepatutnya kita merawat dan memeliharanya. Supaya awet di gunakan menjadi akses masyarakat.” paparnya.

“Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada Kades Kedunglumpang dan pemerintah daerah maupun pusat, yang telah mengalokasikan anggaran, guna desa kami bisa membangun infrastruktur berupa jalan paving.” pungkasnya. (hdk/wdynti).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses