Pemdes Jantiganggong Perak, Ditahun 2021 Sampai 2022 Sukses Laksanakan RTLH dan MCK Individual.

 

Jombang, www.koranpatrolixp.com

Pemerintah Desa (Pemdes) Jantiganggong Kecamatan Perak Kabupaten Jombang Jawa Timur, sukses melaksanakan program Jombang Berkadang (Berkarakter dan Berdaya Saing) ditahun 2021 dan 2022.

Pembangunan MCK Individual dilaksanakan tahun 2021 untuk 10 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang merupakan sarana fasilitas digunakan bersama keluarga oleh beberapa keluarga untuk keperluan mandi, mencuci, dan buang air besar dilokasi permukiman tertentu.

Sedangkan ditahun 2022 Pemdes Jantiganggong juga merealisasikan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 3 unit rumah, bagi rumah yang tidak memenuhi persyaratan keselamatan bangunan, kecukupan minimum luas bangunan dan kesehatan penghuni.

Kepala Desa (Kades) Jantiganggong Hadi Mulyo, mengatakan, sebanyak 10 KPM, terima program MCK Individual dan 3 unit rumah tidak layak huni telah kami realisasikan selama kurun waktu 2 tahun, yakni ditahun 2021 melaksanakan program MCK Individual dan tahun 2022 untuk pembangunan RTLH.

“Alhamdulillah, kami selaku pemdes Jantiganggong sudah merealisasikan program tersebut, adapun KPM sudah kami sesuaikan pengajuan awal yang sudah masuk data DTKS.” ungkap Kades Hadi, saat ditemui media diruang kerjanya, Senin (30/1/2023).

Untuk nilai anggaran, sambung penyampaian Hadi Mulyo, sudah kami bangun sesuai dengan anggaran dari Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Jombang, yakni untuk MCK sebesar 5 juta rupiah per unit dan untuk RTLH sebesar 20 juta rupiah per unitnya.

“Pelaksanaan baik MCK maupun RTLH, kami sesuaikan acuan gambar rencana dan RAB yang dibuat per item pekerjaannya, dan proses pembangunan berlangsung, pihak Desa juga transparan kepada masing – masing penerima manfaat.” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dusun (Kasun) Jantiganggong Utoro Sugianto menambahkan, pembangunan MCK Individual yang terlatak dirumah Utoro RT.02 / RW.02 Dusun Janti, kami bangunkan seperti gambar bestek, ada bilik, ada peresapan 3 unit serta klosed jongkok 1 unit beserta pipa instalasinya.

“MCK yang terletak dirumah Utoro, sudah kami realisasikan sejumlah anggaran dari Pemkab Jombang sebesar 5 juta rupiah, sedangkan untuk pemasangan klosed duduk, pihak penerima menghendaki ada peralihan letak, yakni disebelah bilik yang kami bangun.” ujar Kasun Janti.

Masih kata Kasun Janti, “Dalam proses pelaksanaan, kita juga transparan kepada penerima manfaat, tanpa mengurangi material maupun item pekerjaan, yang kita bangunkan sesuai dengan perhitungan estimasi RAB yang dibuat, dan kita pertanggung jawabkan dengan LPJ.” imbuhnya.

Lebih lanjut Kasun Janti, sedangkan untuk pembangunan RTLH ditahun 2022, pihak desa merealisasikan 3 rumah tidak layak huni, masing – masih rumah dikucurkan anggaran sebesar 20 juta rupiah, itupun sudah terbangun sesuai juknis dan juklak yang mengatur didalam prosesnya.

Terpisah, Keluarga Penerima manfaat RTLH tahun 2022 yang dilaksanakan pihak desa, sebut saja Hamdani beralamatkan di dusun Janti RT.01 / RW.01, juga merasa terbantu oleh program tersebut, karena sebelumnya rumah yang ia huni layak untuk diperbaiki.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemdes Jantiganggong, yang sudah melaksanakan pemugaran rumah milik saya, yang sebelumnya teras dan ruang tamu rumah saya sering bocor dan mengkhawatirkan disaat hujan turun.” beber Hamdani kepada media koranpatrolixp.com, Senin (30/1/2023).

“Sak mene mbane (segini luasnya) yang sudah dibangunkan oleh Pemerintah sungguh sangat membantu keluarga saya, dan saat ini tampak depan rumah saya sudah bagus, proses pembangunannya pada bulan 6 (Juni) 2022 yang lalu.” tandas Hamdani.

Lebih lanjut Hamdani, Saya berharap, supaya Pemdes Jantiganggong bisa merealisasikan beberapa rumah lagi yang masih belum terbangun, menurutnya tandas Hamdani, “Pihak Desa sudah sangat membantu rakyat kecil seperti saya, bisa memiliki rumah yang layak huni dan nyaman untuk ditinggali bersama keluarga.” pungkasnya. (wdynti).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses