Meriah!! Ruwat Dusun Nglinguk Desa Trowulan Mojokerto, Di Iringi Kesenian Pencak Silat Putro Browijoyo.

Mojokerto, www.koranpatrolixp.com

Tepat dihari Minggu tanggal 19/3/2023, Dusun Nglinguk Desa Trowulan Kabupaten Mojokerto Jawa timur, menggelar acara ruwat deso atau sedekah desa. Giat acara dilaksanakan sejak pukul 08.00 WIB sampai jam 12.00 WIB.

Ruwat Dusun Nglinguk Desa Trowulan ditahun ini 2023, sangat meriah acara yang digelar, selain giat ruwatan dilaksanakan pagi hari, acara tidak berhenti disitu saja, giat acara diteruskan dengan kesenian pecak silat dari Putro Browijoyo dan kesenian Bantengan.

Adib salah Tokoh masyarakat dan juga perintis Ruwat Dusun mengatakan, tujuan kegiatan Ruwat Dusun Nglinguk untuk melestarikan adat istiadat hingga sekarang masih lestari. Minggu (19/3/2023).

“Karena disetiap hasil rejeki yang kita dapat, kita sedekahkan, artinya hasil sedekah bumi ini murni dari hasil swadaya masyarakat dusun Nglinguk desa Trowulan.” tutur Adib.

Masih kata Adib, Kirab dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Gusti Alloh. “Warga Dusun Nglinguk mengucapkan rasa syukur dengan hasil rejeki yang diperoleh diwujudkan dengan kirab budaya yaitu ruwatan.” imbuhnya.

Selain melestarikan tradisi, ruwat desa maupun dusun ini juga untuk menggerakkan ekonomi warga, karena dipuncak acara dihadirkan kesenian pecak silat Putro Browijoyo dan Bantengan.

“Banyak warga juga mencari rejeki dengan berjualan diacara ruwat Dusun, dan rangkaian acara dari pagi hingga sore hari digelar dengan sangat meriah sekali. Dan puncak acara yaitu kesenian Bantengan dan pencak silat.” ujarnya.

Sementara itu, dari penuturan Supriyadi salah satu pengurus Madyantara Ring Majapahit mengapresiasi acara ruwat Dusun Nglinguk desa Trowulan. Karena desa tersebut menjadi pusat budaya dan kesenian.

“Desa Trowulan letaknya tepat berada di situs peninggalan era kerajaan Majapahit, seperti kolam Segaran, museum maupun pendopo, dalam hal itu desa Trowulan masih kental dengan adat budaya Majapahit.” jelas Supriyadi.

Supriyadi juga menambahkan. “Semoga acara tersebut berlangsung lancar tanpa kendala, dan saya berharap supaya ditahun selanjutnya, tetap menyelenggarakan kirab budaya ruwat desa ruwat Dusun, untuk melestarikan kebudayaan orang Jawa.” terangnya.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Trowulan Zainul Anwar, S.Pd juga mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada panitia penyelenggara ruwat Dusun Nglinguk, hingga acara selesai dilaksanakan berjalan lancar dan begitu meriah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua penyelenggara terutama panitia, hingga acara yang dilaksanakan begitu meriah, tak lupa saya ucapkan rasa syukur kepada seluruh warga desa Trowulan, yang begitu antusias mengikuti acara ruwatan.” kata Kades.

Lebih lanjut Kades. “Semua Perangkat desa Trowulan juga antusias mengikuti acara ruwat tersebut, hal itu sebagai wujud syukur kami sebagai pelayan masyarakat desa, dan semoga ruwat ini sebagai tradisi turun temurun ke anak cucu kita untuk meneruskan tradisi budaya kita sebagai orang Jawa.” ucapnya.

Turut hadir dalam giat acara ruwat Dusun Nglinguk, Kades Trowulan, Perangkat desa, Tokoh Sesepuh desa, Pemerhati kesenian budaya, pengurus Madyantara Ring Majapahit, Kelompok kesenian pencak silat Putro Browijoyo, Rombongan kesenian Bantengan, masyarakat desa, seluruh panitia beserta pengunjung yang datang. (red/tim).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses